Sukses

Yang Dibutuhkan Anak agar Cerdas Selain Gizi

Upaya promotif dan preventif yang bisa dilakukan supaya anak terhindar dari infeksi yakni melalui promosi hidup bersih dan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya nutrisi yang dibutuhkan seorang anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Si Kecil pun harus mendapat stimulasi perkembangan dan pelayanan kesehatan yang memadai guna terhindar dari beragam penyakit akibat paparan bakteri, virus, jamur, dan sejumlah zat berbahaya yang tersebar di lingkungan sekitar kita.

Upaya promotif dan preventif yang bisa dilakukan supaya anak terhindar dari infeksi yakni melalui promosi hidup bersih dan sehat. Selain itu juga pemberian imunisasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap 8 macam penyakit.

Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu Anak (KIA) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr Anung Sugihantono, MKes mengatakan, saat ini pemerintah juga sedang mengembangkan program pencegahan kelainan bawaan dan skrining bayi yang baru lahir.

"Satu hal lagu yang perlu diperhatikan yaitu mencegah anak agar tidak terpapar oleh zat-zat berbahaya yang berasal dari pencemaran lingkungan," kata Anung dalam seminar `Lindungi Buah Hati Kita dari Bahaya Pencemaran Lingkungan` di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/8/2015).

Terlebih, kata Anung, Indonesia merupakan negara berkembang yang tengah berbenah agar menjadi negara maju dan dapat diperhitungkan di tingkat Asia Tenggara, bahkan di tingkat global. "Maka itu, Indonesia perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai investasi dan motor penggerak pembangunan," kata Anung menjelaskan.

Menurut Anung, salah satu penentu investasi sumber daya manusia yang berkualitas adalah pertumbuhan dan perkembangan anak sejak di kandungan sampai tiga tahun pertama kehidupan.

"Yaitu periode terjadinya 80 persen perkembangan otak yang memengaruhi kecerdasan," kata Anung menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini