Sukses

Single Juga Bisa Bahagia

Kaum single punya kebahagiaan tersendiri dan hal ini bukan isapan jempol semata melainkan sudah didukung oleh studi dari Selandia Baru.

Liputan6.com, New Delhi Siapa bilang tak memiliki pasangan kurang bahagia? Kaum single punya kebahagiaan tersendiri dan hal ini bukan isapan jempol semata melainkan sudah didukung oleh studi dari Selandia Baru.

Mungkin memang benar, orang-orang single cenderung kurang bahagia dibandingkan mereka yang terlibat dalam suatu hubungan. Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Bagi mereka yang takut memiliki konflik dalam sebuah hubungan, menjadi single adalah sebuah kebahagiaan seperti diungkapkan pemimpin peneliti yang merupakan psikolog dan kandidat doktor dari University of Auckland, Yuthika Germe.

Dalam survei yang melibatkan 4.000 orang usia 18-94 tahun, mereka yang menghindari konflik dalam sebuah hubungan, mereka sama bahagianya dengan orang yang memiliki pasangan seperti dikutip laman Times of India, Senin (24/8/2015).

Bagi kaum seperti ini, menjadi single dapat menjauhkan diri dari rasa cemas seperti ditulis dalam Jurnal Social Psychological and Personality Science.

Namun, bagi responden yang senang memiliki hubungan, tentu akan tak bahagia jika mereka single.

Girme menerangkan juga, bahwa ketika mereka yang single itu bahagia bisa membawa dampak negatif juga. Ketika orang cenderung menghindari sebuah hubungan hal ini malah membuatnya cemas, kesepian dan kesendirian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini