Sukses

Awas, Air Lemon Bikin Rusak Gigi Anda

Keasaman lemon atau jeruk nipis dipadukan dengan air bersuhu tinggi membuat enamel gigi terkikis.

Liputan6.com, London - Minum air hangat dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dipercaya membantu tubuh lakukan detoks dan menurunkan berat badan. Para selebriti seperti Gwyneth Paltrow dan Jennifer Aniston pun melakukannya.

Namun, para dokter gigi memberi peringatan akan risiko kesehatan terhadap kebiasaan ini. Minuman yang terlalu asam dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi berbintik-bintik serta berubah warna.

Penasihat ilmiah dari British Dental Association, Profesor Damien Walmsley mengungkapkan sejumlah studi menunjukkan semakin asam minuman maka enamel gigi semakin mudah terkikis. Ia pun memperingatkan jus lemon apalagi dikombinasikan dengan air panas bisa merusak gigi. 

"Jus lemon mengandung pH antara 2-3 yang merupakan sangat asam. Suhu air yang panas dapat memperburuk kondisi ini, " terangnya kepada Daily Mail dikutip Senin (24/8/2015).

Hal serupa pun diungkapkan Kepala British Dental Health Foundation, Nigel Carter. Lemon memang merupakan sumber Vitamin C yang baik tapi karena asam dan rutin diminum, menyebabkan erosi gigi. Jika ini terjadi gigi tak lagi bersinar tapi berwarna gelap. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.