Sukses

Alasan Mudah Sekali Ingat Hari Senin dan Jumat

Sepertiga responden melaporkan kerap merasa berbeda ketika hari bertukar jadi Selasa, Rabu, dan Kamis. Hanya ingat Senin dan Jumat

Liputan6.com, Jakarta Senin dan Jumat merupakan dua dari tujuh hari yang paling diingat oleh kita. Karena memang Senin merupakan hari pertama kita memulai hari yang sibuk, membosankan, dan terkadang melelahkan. Sedangkan hari Jumat yang terekam oleh otak kita adalah hari penuh kebebasan dan waktu santai sudah di depan mata. Kecuali, buat mereka yang mungkin masih masuk di hari Sabtu.

Pemimpin penelitian yang memasukan temuan ini ke dalam jurnal online Public Library of Science ONE dari University of Lincoln, Dr David Ellis mengatakan, lebih dari sepertiga responden melaporkan kerap merasa berbeda ketika hari bertukar jadi Selasa, Rabu, dan Kamis. Dalam hal sosialisasi pun turut alami perubahan.

Dari hasil tanya jawab seberapa cepat mereka mengingat hari-hari yang ada, mayoritas responden dua kali lebih cepat menjawab Senin dan Jumat. "Jumlahnya lebih tinggi ketimbang mereka yang bisa mengingat semua hari dengan benar," kata Ellis dikutip dari situs Times of India, Sabtu (22/8/2015)

Selain itu, Psikolog dari University of York Dr Rob Jenkins mengatakan, orang semakin mudah mengingat hari Senin dan Jumat karena lagu-lagu yang ada saat ini pun kebanyakan menggunakan hari-hari itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini