Sukses

Studi: Cabai Bisa Bikin Langsing

Dalam penelitian sebelumnya diketahui capcaisin yang ditemukan dalam cabai bisa mengurangi asupan makanan pada manusia.

Liputan6.com, Adelaide- Penyuka rasa pedas pasti akan melonjak girang mendengar kabar gembira ini. Sekarang Anda punya alasan yang lebih sehat untuk memasukkan cabai ke dalam menu diet!

Menurut sebuah studi, mengonsumsi cabai bisa mencegah makan berlebih melalui kegiatan saraf di perut, hal ini menekan kemungkinan obesitas pada pecinta cabai.

Para peneliti dari University of Adelaide menemukan, diet tinggi lemak berkaitan erat dengan penerima rasa pedas cabai di perut yang mengindikasikan rasa kenyang.

Perut akan mengembang ketika penuh. Keadaan ini mengaktifkan saraf di perut yang memberi sinyal pada tubuh bahwa telah menerima cukup makanan.

"Kami menemukan bahwa aktivasi ini digerakkan melalui cabai pedas atau reseptor TRPV1 di perut," kata Profesor Amanda Page dari University of Adelaide.

Dalam penelitian sebelumnya diketahui capcaisin yang ditemukan dalam cabai bisa mengurangi asupan makanan pada manusia.

"Kami menemukan bahwa dengan menghilangkan reseptor TRPV1 memperkecil respons saraf gastrik untuk mengembang. Ini mengakibatkan penundaan rasa kenyang dan memperbanyak konsumsi makanan," jelas Page.

"Sangat menyenangkan kami sekarang tahu bahwa konsumsi capcaisin mungkin dapat menghambat makan berlebih melalui sebuah aksi pada saraf di perut," tambah Dr Stephen Kentish, rekan peneliti National Health and Medical Research Council (NHMRC) dari University of Adelaide.

Penelitian selanjutkan akan fokus pada mekanisme di balik aktivasi reseptor TRPV1 dengan tujuan untuk mengembangkan terapi yang lebih pasti, dilansir dari laman Medindia, Minggu (23/8/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini