Sukses

Tabir Surya yang Nyaman Dipakai yang Seperti Apa?

Kulit masyarakat Indonesia dihadapkan dengan risiko terpapar sinar matahari sepanjang tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kulit masyarakat Indonesia dihadapkan dengan risiko terpapar sinar matahari sepanjang tahun. Meski berada di ruangan yang seringkali dianggap `aman`, siapa sangka, ada jenis sinar UV yang dapat menembus awan dan kaca. Sehingga risiko terpapar masih tetap ada.

Spesialis Kulit dan Kelamin dari Puan Jakarta Boutique Clinic, dr Amaranila Lalita Drijono mengatakan, Indonesia merupakan negara yang terletak di garis khatulistiwa dengan iklim tropis serta memiliki paparan terhadap sinar UV yang begitu tinggi. "Selain itu, Indonesia adalah negara dengan tingkat kelembaban yang sangat tinggi," kata Amaranila di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (20/8/2015) malam.

Berdasarkan riset, jelas dia, paparan UV di Indonesia memiliki UV index mencapai angka 10 dari skala 1 sampai 11. Tak heran, bila kita berisiko terpapar sinar matahari sepanjang tahun.

Amaranila menyarankan, melindungi kulit dengan tabir surya yang nyaman digunakan merupakan hal penting untuk meningkatkan kepatuhan penggunaan sunscreen sebagai bagian dari ritual perawatan kulit.

"Untuk iklim tropis yang panas dan lembab, sunscreen yang nyaman untuk digunakan adalah yang menggunakan bahan pembawa yang mengandung banyak air. Mudah ditemukan dalam bentuk lotion, gel, dan mist," kata dia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini