Sukses

Mengapa Makan Nanas Bikin Lidah dan Bibir Gatal?

Hal ini terjadi pada banyak orang.

Liputan6.com, New York- Nanas merupakan buah tropis yang menggoda, perpaduan rasa manis dan asam pas jadi santapan di hari yang panas. Namun, kadangkala makan beberapa jenis nanas bisa membuat bibir dan gatal sampai berhari-hari. Mengapa itu bisa terjadi ya?

Kabar baiknya dalam hal ini Anda tidak sendirian. Rasa gatal di mulut, bibir, dan pipi itu terjadi karena kontak dengan enzim pada nanas, terutama yang muda, bernama bromelian dengan air liur.

Untungnya, usai rasa gatal hadir, lidah akan kembali membangun protein dan asam amino agar rasa gatal hilang seperti diungkapkan dalam laman Good Houskeeping ditulis Jumat (21/8/2015).

Namun, jika Anda mengolah nanas misalnya dipanaskan atau dipanggang tidak akan membuat gatal. Hal ini terjadi karena pemanasan menyebabkan reaksi kimia yang menghilangkan enzim penyebab gatal.

Nanas merupakan salah satu buah yang kaya Vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, nanas mengandung kolagen yang dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan meningkatkan aliran darah ke kulit. Walhasil, kulit Anda akan terlihat bersinar dan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini