Sukses

6 Makanan Berpotensi Racun yang Biasa Anda Temui di Dapur

Salah satunya, kandungan berbahaya pada biji apel.

Liputan6.com, Jakarta Tak semua bahan pangan yang biasa ada dihadapan kita aman untuk dikonsumsi. Perhatikan beberapa bahan pangan yang berpotensi beracun bagi tubuh seperti dilansir laman Fox News, Jumat (21/8/2015).

1. Buah berbiji
Pernahkah Anda saat kecil dilarang untuk makan biji buah apel? Zaman kita kecil mungkin ditakut-takuti bisa tumbuh tubuh kita dan dulu kita percaya saja.
Tapi ternyata larangan tersebut benar adanya, biji buah apel, plum, persik, ceri, aprikot mengandung amygdalin. Bila dikonsumsi dalam porsi kecil bisa menyebabkan muntah dan pusing. Sedangkan dalam jumlah besar bisa menyebabkan gagal ginjal atau koma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pala

2. Pala
Bumbu rempah yang satu ini sebenarnya halusinogen atatu bahan yang menimbulkan halusinasi karena mengandung myristicin. Jika digunakan sedikit tidak masalah, namun jika dalam jumlah besar seperti satu buah pala misalnya bisa sebabkan muntah, pusing, berkeringat, dan sakit kepala. Dalam beberapa kasus bisa ada yang meninggal.

3. Kentang
Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sehat, namun hindari kentang dengan semburat kehijauan. Kentang yang seperti ini biasanya disimpan terlalu lama karena mengandung glycoalkaloids. Jika dikonsumsi menyebabkan perut kram, diare, sakit kepala, bahkan koma.

3 dari 3 halaman

Almond pahit

4. Almond pahit
Almond memiliki dua variasi, yakni manis dan pahit. Almond pahit mengandung jumlah hidrogen sianida dalam jumlah besar. Jika mengonsumsi 7-10 almond bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi orang dewasa dan berakibat fatal bagi anak-anak.

5. Tuna
Yang dikhawatirkan pada poin ini adalah tuna mengandung merkuri yang diserap ikan jenis ini. Jika Anda mengonsumsi tuna yang mengandung merkuri, bahan berbahaya ini bisa masuk ke ginjal atau menuju otak yang berbahaya bagi kesehatan.

6. Kacang mete
Sebenarnya saat kita membeli kacang mete mentah, itu sudah dikukus terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk mengurangi kandungan urushiol yang beracun. Tingginya kadar uroshiol bisa berakibat fatal pada kehidupan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini