Sukses

Ekstrak Buah Ini Mampu Tangkis Kanker Usus

Ekstraksi buah ini memberi harapan pengobatan pada kanker usus.

Liputan6.com, London - Pernah mengetahui buah cranberry? Mungkin sebagian di antara kita tidak terlalu mengenal buah ini karena jarang bisa tumbuh di negeri kita. Namun studi di Inggris mengungkap buah berbentuk bulat berwarna merah yang telah diekstraksi ini bermanfaat melawan kanker usus.

Buah Cranberry (Foto: http: ayysa.com)

Pada penelitian sebelumnya diketahui ada bahan-bahan kimiawi dalam buah cranberry yang telah dipilih dan diekstraksi mampu membunuh sel tumor saat pengujian di laboratorium.

Pada penelitian selanjutnya, bubuk ekstrak cranberry diberikan pda tikus dengan penyakit kanker usus. Selama 20 minggu, tikus ini terus mengonsumsi ekstrak buah cranberry yang setara dengan satu cangkir buah ini.

Ternyata, tumor pada tikus yang mengonsumsi ekstrak buah cranberry berkurang dibandingkan tikus yang tidak mengonsumsi.

"Ekstrak cramberry dapat memberikan perlindungan terhadap kanker jenis lain, termasuk kanker usus," ungkap peneliti dari University of Masschusets, Profesor Catherine Neto

"Kami mengindentifikasi bahwa beberapa komponen pada ekstrak cranberry selama bertahun-tahun menjanjikan melawan kanker, dan melihat hasil ini cukup menggembirakan," tambah Neto seperti dikutip laman Mirror, Jumat (21/8/2015).

Berbagai penelitian lain juga mengungkap cranberry kaya senyawa polifenol untuk mencegah pertumbuhan tumor di dalam tubuh. Lalu buah yang banyak ditemukan di Amerika Utara dan Kanada ini mengandung flavonoid yang mampu mengurangi lemak dan menurunkan kolesterol di tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini