Sukses

5 Manfaat Dahsyat Anggur Merah

Minuman berwarna merah pekat ini terbukti memang memiliki nilai plus bagi peminumnya.

Liputan6.com, Jakarta Selalu ada studi terbaru mengenai manfaat red wine (anggur merah). Minuman berwarna merah pekat ini terbukti memang memiliki nilai plus bagi peminumnya.

Berikut 5 alasan meminum satu gelas red wine setiap malam baik untuk kesehatan Anda, seperti dilansir laman Yourtango, Kamis (20/8/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baik untuk jantung

1. Baik untuk jantung

Antioksidan dalam red wine yang disebut flavonoids terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Flavonoids bekerja menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan produksi kolesterol baik, HDL.

Menurut para peneliti di Universitas California, salah satunya bernama Davis, varietas anggur tertentu memiliki lebih banyak kandungan flavonoids dibandingkan jenis lainnya. Jenis Cabernet Sauvignon paling banyak mengandung flavonoids, diikuti dengan Petite Sirah, Pinot Noir, kemudian Merlot dan Red Zinfandel.

3 dari 4 halaman

Dapat mengurangi depresi

2. Dapat mengurangi depresi

Meski kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi sering dikaitkan dengan masalah kesehatan mental, meminum segelas red wine per hari malah berdampak sebaliknya. Studi terbaru menunjukkan, individu yang rutin meminum dua hingga tujuh gelas kecil red wine setiap minggu lebih jarang menderita depresi dibandingkan mereka yang yang jarang minum atau bahkan tidak minum anggur merah sama sekali.


3. Membantu proses pencernaan

Mengonsumsi pepaya atau yoghurt Yunani di pagi hari bukan satu-satunya cara melancarkan BAB. Studi mengungkap, kadar bakteri baik dalam pencernaan Anda bisa meningkat dengan meminum segelas red wine.

4 dari 4 halaman

Membantu menurunkan berat badan

4. Membantu menurunkan berat badan

Studi terbaru meneliti tentang dampak piceatannol, senyawa dalam red wine yang dikonversi dari antioksidan resveratrol, terdapat pada lemak. Studi lab terbaru menemukan bahwa piceatannol menghambat terbentuknya sel lemak, dan studi lainnya mengamati bagaiman senyawa tersebut membantu tubuh tetap langsing.

5. Meningkatkan ingatan

Polifenol, juga ditemukan dalam teh, kacang-kacangan, buah berry, dan kakao, dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko Alzheimer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini