Sukses

5 Kiat agar Tak Menangis Saat Mengiris Bawang Merah

Sejumlah pakar di Inggris memberikan tips sederhana agar Anda tidak lagi menangis saat mengiris bawang merah.

Liputan6.com, London - Mata rentan berair kala mengiris bawang merah membuat penjualan kacamata renang di kalangan ibu-ibu laku keras di Inggris. Tahu kalau bakal laku, produsen pun menjual kacamata renang dengan harga yang tak murah. 19,99 Poundsterling (Rp 433 ribu) harus dikeluarkan para ibu dan koki rumahan di sana agar tetap tampil kece saat mengiris bawang merah.

Meski begitu penjualan kacamata renang tersebut tetap menemukan kendala. Tak semua orang bisa menggunakan kacamata renang itu saat mengiris bawang merah. Sebab, produsen hanya membuat satu ukuran saja. Dan hampir keseluruhan kacamata cukup sempit yang justru membuat kepala jadi tak enak.

Karena alasan itu, sejumlah pakar di sana memberikan tips sederhana agar Anda tidak lagi menangis saat mengiris bawang merah. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti seperti dikutip dari situs Daily Mail, Kamis (20/8/2015)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masukkan ke dalam freezer

1. Masukkan ke dalam freezer

Masukkan bawang merah ke dalam freezer selama 15 menit sebelum diiris. Sel bawang yang berada di suhu dingin akan bereaksi lebih lambat. Sehingga tak menyembur ke mata yang membuat Anda menitikan air mata.

Cara ini tentu lebih murah daripada harus membeli kacamata renang dengan harga yang tak murah.

3 dari 4 halaman

Iris bawang merah dekat air panas

2. Iris bawang merah dekat air panas

Uap panas akan menghadang uap dari bawang merah untuk menyebar ke lingkungan sekitar. Sehingga uap tersebut tidak masuk ke mata Anda. Caranya, taruhlah talenan di atas ember kecil berisi air panas. Uap panas pun akan mengenai bawang merah yang akan diiris.

Sama seperti langkah pertama, cara ini tentu sangat murah dan efektif. Hanya saja, mata harus terkena uap dalam waktu yang tak sebentar.

4 dari 4 halaman

Tarik Napas yang dalam

3. Tarik Napas yang dalam

Bernapas melalui mulut lalu menjulurkan lidah ke luar. Uap dari bawang merah akan mengenai lidah terlebih dulu baru ke mata. Masalahnya, butuh konsentrasi untuk menyeimbangkan kegiatan memotong bawang merah.

4. Bersiul

Bila Anda bersiul, Anda meniup udara jauh dari wajah. Namun, banyak orang yang telah mencoba cara ini menganggap bersiul ketika mengiris bawang merah akan sia-sia. Karena air mata tetap akan keluar dari mata

5. Nyalakan lilin

Nyalakan lilin dan letakkan di dekat talenan sebelum Anda mengiris bawang merah. Gas yang dikeluarkan bawang merah akan ditarik oleh api yang berasal dari lilin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini