Sukses

4 Jenis Kanker yang Rentan Serang Hati

Yang paling sering adalah karsinoma hepatoselular atau HCC

Liputan6.com, Jakarta Hati adalah organ dan kelenjar terbesar di dalam tubuh. Paling tidak ada 500 fungsi yang dijalankan organ tubuh yang satu ini. Namun hati pun rentan terkena kanker.

Menurut gastroenterologist dari Gleneagles Hospital Singapore Dr. Ooi Choon Jin ada empat jenis kanker yang rentan menyerang hati yaitu karsinoma hepatoseluler, cholangiocarcinoma, hepatoblastoma, dam angiocarcinoma. 

“Yang paling sering adalah karsinoma hepatoselular atau HCC. HCC merupakan kanker nomor empat yang paling sering di dunia dan salah satu dari dua penyebab kematian akibat kanker di Asia,” ungkapnya dalam acara temu media di Senayan pada Rabu (19/8/2015).

Meski ada beberapa penyebab kanker hati, yang paling utama karena sirosis hati yakni kondisi hati yang bisa berbenjol-benjol layaknya wajah berjerawat serta bisa jadi mengecil karena mengerut.

Bisa juga kanker hati terdeteksi dini sebelum adanya sirosis hati. Namun ketika kanker hati sudah mencapai tahap lanjut dan sirosis sudah mucul satu-satunya pilihan adalah transplantasi hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.