Sukses

Bahaya Laten yang Mengintai Para Pekerja Kantoran

Tak cuma sakit pinggang bagian bawag atau lower back pain, lutut bisa bermasalah bagi para pekerja kantoran.

Liputan6.com, New Delhi- Para pekerja kantoran sering menghabiskan waktu duduk di depan meja selama berjam-jam. Dan hal ini tak hanya dilakukan satu atau dua tahun melainkan belasan tahun. Padahal tubuh manusia tidak didesain untuk pasif seperti ini.

Kondisi seperti ini membuat para pekerja kantoran rentan sakit pinggang bagian bawah atau lower back pain. Selain itu muncul juga masalah pada lutut karena tubuh jarang bergerak. 

"Saya melihat lonjakan besar orang dengan masalah nyeri lutut saat ini. Jelas, hal ini disebabkan karena gaya hidup masyarakat saat ini yang sebagian besar waktunya bekerja di balik meja," terang jurubicara sebuah organisasi fisioterapi , Sammy Margo dikutip dari laman Times of India, Rabu (19/8/2015).

Kondisi ini terjadi ketika para pekerja tersebut sudah terbiasa dengan gaya bekerja pasif seperti ini selama 10 hingga 20 tahun seperti diungkapkan Sammy.

Agar kesehatan tubuh terjaga meski sebagian besar kehidupan dihabiskan dengan bekerja dengan cara duduk lakukan ini.

1. Jauhkan telepon dari tempat duduk Anda agar bisa bergerak. Jika masih bisa menghubungi orang tersebut secara langsung lebih baik datangi tempatnya agar Anda bergerak.
2. Saat duduk, pastikan menjaga postur tubuh tetap baik. Tidak merosot maupun membungkuk. Pastikan bahu ke bawah, punggung tegak dan jangan silangkan kaki.
3. Di sela-sela bekerja, pastikan Anda keluar untuk berjalan-jalan atau mencari udara segar.
Setelah satu jam bekerja istirahat sejenak misalnya untuk mengambil air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini