Sukses

Sulit BAB? Coba Pijat Bagian Tubuh Ini

Pijatan lembut di area tubuh yang satu ini bisa membuat BAB lebih mudah.

Liputan6.com, New York- Bagi orang yang memiliki masalah buang air besar (BAB), banyak melakukan berbagai cara agar bisa kembali lancar. Mulai dari konsumsi banyak serat, minum banyak air, hingga konsumsi obat-obatan. Tapi sebelum mengonsumsi obat, pijatan lembut di area perineum bisa membantu melancarkan BAB.

Pijatan lembut di daerah perineum atau daerah antara vagina atau penis dengan anus menurut Journal of General Internal Medicine bisa membantu feses keluar lebih mudah tanpa efek samping. Para peneliti berteori bahwa dengan pijatan di perineum dapat membantu mengendurkan perut sama seperti efek ibu hamil yang memijat area ini agar Miss V lebih rileks.

Hasil penelitian ini diketahui setelah peneliti meminta 100 partisipan yang memiliki masalah sembelit untuk melakukan dua cara untuk mengatasinya. Kelompok pertama, diminta untuk mengatasi secara standar. Sedangkan kelompok kedua selain diberitahu tentang pengobatan juga diajarkan untuk memijat area perineum seperti dikutip laman Women's Health, Rabu (19/8/2015).

Ternyata, peserta yang melakukan teknik pijat perineum mengatakan hal ini bisa membantu melunakkan feses sehingga lebih mudah keluar. Sekitar 82 persen di antaranya akan terus melakukannya setelah penelitian berakhir.

Lewat studi ini, peneliti meminta dokter yang mendapati pasien dengan masalah konstipasi tak hanya meminta pasien untuk makan-makanan kaya serat dan berolahraga juga mengajari tentang cara memijat perineum.

Meski begitu, peneliti mengatakan masih butuh riset lanjutan untuk benar-benar memastikan cara ini efektif untuk mengatasi susah BAB.

 

 

Baca Juga:

Susah Buang Air Besar? Coba Minum Kopi

Ini 4 Penyebab Susah BAB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.