Sukses

5 Cara Mudah Jaga Jantung Sehat di Usia 30

Memasuki usia 30 tahun, hidup bisa jadi lebih rumit yang berdampak pada kesehatan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki usia 30 tahun, hidup bisa jadi lebih rumit. Tanggung jawab bertambah, stres di rumah atau di kantor dan Anda yang telah menikah dan memiliki anak, memiliki beban baru.

Sebelum semua berdampak pada kesehatan dan membahayakan jantung, sebaiknya Anda menikmati hidup Anda. Lakukan bentuk olahraga ringan yang membuat Anda rileks dan terhindar dari stres. Ahli kesehatan menilai, latihan 15-30 menit per hari bahkan dapat bermanfaat bagi jantung.

Selain itu, simak tips lain dalam menjaga kesehatan jantung, seperti diberitakan Times of India, Selasa (18/8/2015):

1. Makan sehat

Pertama-tama, coba hindari makanan tidak sehat selama akhir pekan dengan teman dan keluarga, terutama yang tinggi kalori dan kolesterol. Sebaliknya pilih makanan diet penuh protein, omega 3 atau restoran yang menyajikan sayur dan ikan.

2. Tidur berkualitas

Tidur kurang dari lima jam sehari dapat meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung. Pastikan Anda tidur dengan baik, menjaga waktu tidur dan menghindari merokok atau mengonsumsi alkohol secara berlebihan, atau makanan berat sebelum tidur.

3. Sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan. Meski kerap diburu waktu, namun makanan yang sehat dan bergizi, dapat membuat tubuh Anda lebih aktif dan tetap fit.

4. Perhatikan pilihan KB

Khususnya perempuan, Anda harus mempertimbangkan kembali penggunaan kontrasepsi seperti pil, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau riwayat keluarga penyakit jantung. Menurut Dr Goldberg, pil akan memperburuk kondisi mereka yang memiliki riwayat atau penyakit jantung. Oleh karena itu, konsultasikan kondisi kesehatan Anda sebelum menggunakan alat kontrasepsi.

5. Batasi gula dan asupan garam

Asupan gula bisa meningkatkan kolesterol dan trigliserida. Sedangkan garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Anda tidak perlu menghindarinya, hanya saja batasi asupan harian Anda untuk menghindari masalah jantung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.