Sukses

Main Tetris Bisa Atasi Kecanduan Rokok dan Seks

Para ilmuwan kini telah menemukan kunci untuk menghentikan kecanduan rokok, makanan ataupun seks, bermain tetris.

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan kini telah menemukan kunci untuk menghentikan kecanduan rokok, makanan ataupun seks, yakni dengan bermain tetris.

Jadi para psikolog dari Australia ini meminta 31 mahasiswa berusia 18-27 tahun, yang memiliki kecanduan ketiga hal tersebut untuk bermain tetris. Setelah itu mereka diminta mengisi pertanyaan dan melaporkannya dalam 15 menit.

Profesor Jackie Andrade dari Plymouth University, mengatakan, ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan gangguan kognitif seperti kecanduan hal tertentu dapat dialihkan dengan bermain.

"Kami pikir efek Tetris terjadi karena keinginan seseorang yang kuat membayangkan pengalaman mengonsumsi zat tertentu. Dan melakukan permainan visual menarik dapat memperbaiki fungsi mental itu," katanya, seperti dimuat laman Dailymail, Minggu (16/8/2015).

Profesor Jon Mei, juga dari Plymouth University, menambahkan, dampak bermain tetris hingga 40 kali rata-juga tidak luntur. "Ini menarik dan berpotensi intervensi. Penelitian dalam skala besar diperlukan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.