Sukses

Menkes Harap Pramuka Jadi Pelopor Hidup Sehat

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengharapkan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) bisa menjadi pelopor gaya hidup sehat bagi masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengharapkan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) bisa menjadi pelopor gaya hidup sehat bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

"Tujuan dibentuknya SBH untuk mewujudkan kader pembangunan bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat," kata Nila Moeloek di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan Pramuka Saka Bakti Husada adalah kegiatan ekstra kurikuler di bidang kesehatan yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan bersama Kwartir Nasional Gerakan Praja Muda Karana (Kwarnas Pramuka) pada 17 Juli 1985.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-21 pada 12 November 1985 di Magelang, dijadikan momentum untuk meresmikan Saka Bakti Husada.

Nila Moeloek menegaskan pentingnya peran Gerakan Pramuka sebagai mitra potensial pemerintah dalam pembangunan kesehatan.

"Begitu pula Saka Bakti Husada berperan sebagai pelopor hidup sehat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat di sekitarnya," katanya.

Hal tersebut, tambah dia, sejalan dengan tujuan pembangunan kesehatan, yaitu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan yang optimal.

"Kelompok masyarakat yang paling potensial dalam pembangunan kesehatan di Indonesia adalah kelompok usia remaja," katanya.

Menkes menambahkan, beberapa kegiatan yang dilakukan Saka Bakti Husada antara lain kampanye PHBS di sekolah dan lingkungan masyarakat, peningkatan kesadaran akan bahaya tuberkulosis dan HIV/AIDS, kampanye pentingnya imunisasi, pengendalian vektor penyakit, hingga pemahaman tentang obat. Selain itu, Saka Bakti Husada juga dididik untuk tanggap dalam situasi bencana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini