Sukses

Pola Makan untuk Pelaku Diet Sehat

Liputan6.com, Jakarta Orang selalu bertanya-tanya makanan apa saja yang harus dikonsumsi ketika jalani diet yang sehat. Apakah harus sayuran saja? Atau nasi, sayuran, protein, tanpa lemak? Namun, prinsip harus dipegang ketika jalani pola diet yang sehat adalah gizi seimbang.

"At least ketika kita makan dalam satu hari, kebutuhan nutrisi kita tetap terpenuhi. Jangan sampai salah satu nutrisi atau beberapa komponen lain dihilangkan. Kita (manusia) butuh lemak, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral," kata Nutrition & Health Science Executive dari Nutrifood Research Center, Mochammad Aldis di Redaksi Health Liputan6.com ditulis Kamis (13/8/2015)

Ketika diet, lanjut Aldis, pola makan yang harus dianut adalah tetap memenuhi kebutuhan nutrisi semua zat tersebut.

Aldis pun menjelaskan bagaimana mengaplikasikan pola seperti itu di kehidupan sehari-hari, mengacu pada Peraturan Kementerian Kesehatan tahun 2014.

"Jumlah karbohidrat  di dalam satu piring itu sudah bisa memenuhi setengah dari piring tersebut. Lalu, setengahnya lagi, kita isi dengan lauk pauk, sumber protein dan sumber lemak sekitar 1/4. Dan sisanya lagi, kita isi dengan sumber mineral dan vitamin, seperti sayuran dan buah-buahan," kata Aldis menerangkan.

Menurut Aldis, pola seperti ini bisa memperbaiki kualitas diet sehat yang kita jalani.

Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Hindari Efek Buruk dari Diet Yoyo
Artikel Selanjutnya
Dulu Gemuk, Postur Mantan Personel Boyband Ini Bikin Pangling