Sukses

Kriteria Diet Sehat, Bukan Tidak Makan Nasi dan Lemak

Liputan6.com, Jakarta Ada tiga komponen penting yang merupakan kunci dari kesuksesan diet yang sehat. Yaitu asupan makanan yang sehat, aktivitas fisik, dan perubahan perilaku. "Kunci ini tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga diet sehat yang dilakukan untuk meningkatkan atau menaikkan berat badan," kata Mochammad Aldis saat berkunjung ke Redaksi Health Liputan6.com, SCTV Tower, Senayan City, ditulis Kamis (13/8/2015)

Misal ada orang yang ingin menurunkan berat badan sekian kilogram, bukan berarti harus menghilangkan nutrisi penting dari asupan makanan sehari-hari. Diet boleh saja, tapi jangan sampai seperti itu. Karena tiap individu membutuhkan karbohidrat, protein, dan lemak untuk bertahan hidup.

"Ada orang yang diet dengan mengurangi lemak sama sekali. Itu juga tidak boleh. Karena lemak juga memiliki fungsi untuk tubuh kita," kata Nutrition & Health Science Executive dari Nutrifood Research Centre.

Aldis menekankan, mengurangi porsi makan bukan berarti memangkas sama sekali asupan yang sebenarnya penting untuk tubuh kita. Lebih baik, lemak, karbohidrat, dan protein tetap terpenuhi. Tentu dalam jumlah yang tidak berlebihan.

"Ketika kita melakukan diet, kurangi porsi makan tanpa menghilangi nutrisi penting itu. Tetap saja, nasi masih ada, sayuran masih ada, lauk pauk masih ada, termasuk ikan dan tahu. Tapi, porsi saja yang dikurangi," kata Aldis menekankan.