Sukses

Rokok Teh Hijau Ampuh Atasi Candu Rokok?

Digadang-gadang rokok ini jadi cara untuk mengatasi candu merokok. Namun belum ada penelitian yang membuktikannya.

Liputan6.com, New York- Sebuah perusahaan baru bernama Billy55 menciptakan rokok murni teh hijau tanpa nikotin. Digadang-gadang rokok ini jadi cara untuk mengatasi candu merokok.

Rokok ini baru dikenal di Amerika Serikat, sedangkan di Vietnam telah dikenal beberapa dekade sebelumnya yang ditemukan oleh pendiri Billy55 yang juga akupuntur, Ranko Tutulugdzija.

Sebagai ahli akunpunktur, Tutulugdzija menghadapi banyak pasien yang bertanya padanya cara alami untuk berhenti merokok. Ia pun memiliki ide saat melihat lintingan rokok berbahan teh hijau yang kemudian disebut di pasaran dengan 'Billy'.

"Dengan rokok ini mereka memiliki sensasi yang sama seperti merokok. Mereka tidak merasa bersalah dan memiliki motivasi untuk berhenti," terang Tutulugdzija kepada Time ditulis Kamis (13/8/2015).

Dengan rokok yang ia ciptakan, Tutulugdzija memiliki program 90 hari agar keluar merokok dibantu dengan teknik akupuntur. Sudah dua bulan perusahaannya menguji keampuhan produk untuk berhenti merokok dan mendapatkan umpan balik postifif.

Lalu apakah benar hal ini bisa membantu keluar dari kecanduan rokok?

Juru bicara CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, Joel London mengatkan bahwa belum ada penelitian tentang rokok teh hijau sehingga belum bisa menyimpulkan apapun. Namun, program berhenti merokok yang mengombinasikan antara konseling dan pengobatan telah terbukti efektif menjauhkan kebiasaan merokok.

Kepala Rutgers Dependence Program, dokter Michael Steinberg mengatakan ini bukan cara paling aman untuk mencoba berhenti merokok dan tidak ada bukti yang kuat untuk membantu berhenti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini