Sukses

Mengapa Orang Jepang Selalu Makan Sashimi dengan Wasabi?

Ada alasan kuat orang Jepang memang tak pernah lupa makan sashimi dengan wasabi.

Liputan6.com, Jakarta Suka makan masakan Jepang? Jika iya, tentu Anda sudah akrab dengan sashimi beserta pasta berwarna hijau dengan rasa menyengat bernama wasabi. Namun sudah tahukah alasan mengapa sajian berbahan ikan mentah ini selalu dilengkapi dengan wasabi?

Ada alasan kuat orang Jepang memang tak pernah lupa makan sashimi dengan wasabi. Berdasarkan penelitian saat menempuh studi S3 di Jepang di bidang bioteknologi (perbanyakan tanaman secara kultur jaringan), Otih Rostiana, menemukan jawabannya.

"Saat itu saya melakukan penelitian bioteknologi, jadi saya pelajari tanaman wasabi itu apa saja isinya, ternyata ada kandungan glukosinolat dalam wasabi yang membantu mempermudah sistem pencernaan protein hewani di tubuh," terang Otih yang kini menjabat sebagai peneliti utama Genetika dan Pemuliaan Tanaman Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat di Kementerian Pertanian saat ditemui di Seminar Ilmiah Tanaman Obat di Jakarta (12/8/2015).

Ditambahkan dalam penelitian lain, senyawa isotiosianat dalam wasabi bersifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.