Sukses

Ini 4 Penyebab Susah BAB

Traveling dan hamil diantaranya.

Liputan6.com, New York- Ada seorang teman yang lancar sekali urusan BAB (buang air besar), bisa dua kali dalam sehari. Tapi ada juga teman yang sering mengeluhkan jadwal BAB-nya yang tak rutin. Padahal ia sudah makan sayur dan buah, minum juga cukup. Anda mengalami hal yang sama?

Sebenarnya masalah kesulitan BAB pernah terjadi pada sekitar 80 persen orang menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons. Mungkin berikut ini penyebab yang tak Anda duga dari kesulitan BAB, dilansir laman Women's Health, Rabu (12/8/2015).

1. Sedang traveling
Ketika sedang berlibur, kebiasaan makan jadi berubah misalnya mulai makan yang tidak biasanya dimakan. Hal-hal ini dapat menyebabkan perubahan besar pada kebiasaan buang air besar seperti diungkapkan gastroenterologist Jordan Karlitz, M.D.
Pastikan saat berlibur tetap mengonsumsi makanan kaya serat setiap pagi seperti disarankan Karlitz.

2. Stres
"Dalam pengalaman saya, pasien yang memiliki kebiasan BAB tidak teratur karena stres," terang Karlitz. Stres dapat memengaruhi sistem saraf enteric, yakni bagian penting yang memengaruhi sistem pencernaan. Untuk mengatasinya, coba buat diri Anda tenang untuk meredakan stres.

3. Berolahraga tak teratur
"Saya banyak mendapati pasien yang memiliki jadwal olahraga konsisten, kemudian ketika berhenti mereka akan mengalami kesulitan BAB," terang Karlitz. 

Karlitz pun menerangkan bahwa sedikit perubahan dalam tubuh turut memengaruhi bagian tubuh lain, dalam hal ini sistem pencernaan.

4. Hamil
Banyak wanita di awal kehamilan mengalami sembelit. "Ada begitu banyak perubahan hormon dan pola makan, apalagi ditambah stres, itu memengaruhi sistem pencernaan," terang Karlitz.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan

    Sembelit

  • Susah BAB

Video Terkini