Sukses

Waspada MERS, 168 Calon Jemaah Haji Diimbau Jaga Fisik

Penyebaran Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) masih menjadi ancaman bagi calon jemaah haji Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) masih menjadi ancaman bagi calon jemaah haji Indonesia. Pasalnya, banyak diantara mereka berangkat di usia diatas 60 - 80 tahun. Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, calon jemaah haji perlu menjaga fisik dan kesehatan diri.

"Cuci tangan, gunakan masker terutama ketika kita batuk atau dalam kerumunan orang banyak. Jaga fisik dengan banyak istirahat, jangan memaksa berulang-ulang umrah dan jaga kebersihan," katanya di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Selain itu, kata dia, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan Kartu kewaspadaan kesehatan (Health Aware Card) yang dapat diisi dan dibawa sepulang jemaah haji melakukan ibadah di Tanah Suci. Upaya lain untuk mencegah MERS adalah video informasi sosialisasi bagaimana menjaga diri agar tidak terserang penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini