Sukses

Selama 10 tahun, Wanita Ini Muntah Tiap 20 Menit

Wanita ini menderita penyakit langka yang membuatnya muntah setiap 20 menit sekali.

Liputan6.com, Jakarta Stephanie Horner (23) hanya bisa berbaring di tempat tidurnya. Dia menderita penyakit langka yang membuatnya muntah setiap 20 menit sekali.

Menurut Horner, gejalanya muncul ketika usianya 13 tahun. Saat itu dokter bingung mendiagnosa penyakitnya hingga dia dibawa ke dokter yang khusus menangani kasus muntah.

"Saya bisa muntah puluhan kali dan kondisi ini melelahkan. Saya merasa seperti akan mati," katanya, dikutip Dailymail, Senin (10/8/2015).

Setelah dibawa ke ahlinya, Horner ternyata menderita sindrom muntah berkepanjangan (Cyclical Vomiting Syndrome), penyakit yang mempengaruhi 300.000 anak-anak dan sepertiganya orang dewasa di Inggris.

Ketua Cyclical Vomiting Syndrome Association, Dr Robin Dover mengatakan, kondisi ini memang sulit dipahami bagi sebagian orang. Jadi ada episode yang melemahkan karena penderitanya bisa mual dan muntah tanpa henti.

"Mereka akan terus muntah sampai 4-5 hari. Dalam kasus ekstrem, penderitanya dapat muntah hingga 6 kali dalam satu jam sehingga tidak ada pola yang jelas," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.