Sukses

Kecanduan Internet Bikin Anda Gampang Sakit

Kecanduan internet bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Liputan6.com, London - Di zaman modern seperti saat ini kehidupan manusia memang sulit dilepaskan dari internet. Mau tahu kondisi jalanan lewat internet, mau beli barang dari internet, bahkan pesan makan bisa juga dari internet. Namun, ada baiknya memberi jeda kehidupan Anda dengna koneksi internet. Kecanduan internet bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini didapatkan lewat penelitian dari universitas di Swansea, Inggris dan Milan, Italia terhadap 500 orang berusia 18 hingga 101 tahun. Mereka yang melaporkan penggunaan internet lebih dari tujuh jam per hari ternyata 30 persen sering mengalami gejala flu dibandingkan penggunan internet moderat.

Lalu, ketika orang yang memiliki kecanduan internet ketika tidak memiliki akses tersambung ke dunia maya akan mengalami stres.
Menurut peneliti, jika seseorang terlalu lama berinternetan, misal tujuh jam, akan membuat mreka minim aktivitas fisik. Ini berarti mereka tidak membangun kekebalan tubuh lewat olahraga.

"Kami juga menemukan dampak lain terlalu lama internetan yakni depresi, kurang tidur, dan kesepian. Hal ini membuat kesehatan jadi buruk," terang peneliti dikutip laman Metro, Senin (10/8/2015).

Penelitian ini tak menyebutkanrekomendasi idealnya terkoneksi dengan dunia maya. Nah, berarti kuncinya ada di tangan Anda dalam pembatasan berinternet. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini