Sukses

Kalau Anak Kabur dari Rumah, Itu Salah Orang Tua

Tak menutup kemungkinan seorang anak pilih kabur dari rumah karena kerap dimarahi orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Tak menutup kemungkinan seorang anak pilih kabur dari rumah karena kerap dimarahi orangtua. Jangan kira anak bakal kebal tiap kali mendapat omelan dari ayah atau sang ibu.

"Jadi, jangan salahkan anak-anak kalau mereka kabur. Kabur itu karena kesalahan orangtua," kata Pemerhati Anak Seto Mulyadi kepada Health Liputan6.com ditulis Minggu (9/8/2015).

Dulu mungkin anak mempan dimarahi terus menerus karena kesalahan yang tak jarang masalah sepele. "Di sini tiap bulan ada satu atau dua orang anak kabur ke sini (penitipan anak di tempat Kak Seto). Mereka bilang, karena mulut ibunya kayak ember. Itu menandakan anak sudah tak kuat dimarahi terus," kata Seto menambahkan.

Oleh karena itu, Kak Seto menyarankan para orangtua mengajak buah hatinya diskusi. Bicarakan semua permasalahan dengan kepala dingin, bukan amarah. "Bukan zamannya lagi memimpin dengan cara boosy pada anak. Kita harus berdiri sejajar. Jika tidak, anak akan membantah atau kabur," kata dia menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.