Sukses

Mensos: 11 Agustus Hari Veteran Nasional Pertama Indonesia

Tahun ini, pada tanggal 11 Agustus akan diperingatan sebagai Hari Veteran Nasional yang pertama.

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini, pada tanggal 11 Agustus akan diperingatan sebagai Hari Veteran Nasional yang pertama. Tentu saja, menjadi babak baru sejarah Indonesia. “Insya Allah, pada 11 Agustus beberapa hari lagi akan menjadi peringatan Hari Veteran Nasional pertama dalam sejarah Indonesia, ” ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat bersilaturahim dengan para veteran di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Jumat (7/8/2015).

Kementerian Pertahanan dan Keamanan (Kemhan) dan Kementerian Sosial (Kemensos) terus menjalin silarurahim, memberikan sapaan dan penghormatnan atas jasa-jasa mereka terhadap bangsa dan negara. “Wujud silaturahim bagi para veteran itu diberikan dari Kemhan. Sedangkan, untuk perintis kemerdekaan dan pahlawan nasional diberikan dari Kemensos, ” katanya.

Sebagian besar veteran itu lanjut usia (lansia) dan 80 persen sudah istirahat di tempat tidur, serta mengalami cacat fisik. Wujud silaturahim Kemensos bagi perintis kemerdekaan dengan memberikan insentif Rp 23,5 juta dan pahlawan Rp 50 juta per tahun. “Silaturahim dan sapaan Kemensos bagi perintis kemerdekaan, berupa insentif Rp 23,5 juta dan bagi 163 pahlawan Rp 50 juta per tahun. Dana dari APBN yang disesuaikan tugas dan fungsi dan alokasi pemerintah pusat,” tandasnya.

Sapaan Kemensos bagi para veteran akan terus dilakukan, salah sataunya bagi veteran Timor Timur yang kehilangan anggota tubuh diberikan pergantian (portise) anggota tubuh dan pemberian sembako. “Veteran yang kehilangan anggota tubuh dalam waktu tertentu membutuhkan pergantian (portise), seperti tangan dan kaki baru. Kemensos siap untuk melaksanan kegiatan itu, ” katanya.

Prosesi peringatan hari veteran, akan ada long March dari Hotel Sultan hingga JCC dan direncanakan mereka akan memakai pakaian saat berjuang dahulu yang diiringi sejumlah kendaraan panser. Selain itu, peringatan Hari Pahlawan 10 November direncanakan di Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur. Peringatkan biasanya, dipusatkan di TMPN Kalibata dan Tabur Bunga di Tanjung Priok, Jakarta. “Sebelumnya, beberapa purnawirawan Jenderal bersilaturahmi ke Kemensos terkait usulan tersebut, dan saya telah menyampaikan kepada Presiden dan beliau pun sudah setuju, ” katanya.

Namun, Presiden meminta untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait lainnya, seperti Sekretariat Negara (Sesneg), dan sebagainya. Bisa jadi, peringatan mengambil tiga tempat sekaligus, yaitu dipusatkan di Surabya, TMPN Kalibata dan tabur bunga di Tanjung Priok, Jakarta. “Peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun ini, bisa mengambil tiga tempat, yaitu di Surabaya, TMPN Kalibata dan tabur bunga di Tanjung Priok, Jakarta, pada jam yang sama, ” ucapnya.

Menjelang peringatan kemerdekaan Indonesia ke-70 tahun, ada semangat yang untuk terus bekerja keras, meningkatkan disiplin, membangun sinergitas internal, antarsuku dan agama yang ada di Indonesia. “Termasuk meningkatkan international relation, maksimalkan segala potensi sumber daya alam yang dikelola sendiri, memaksimalkan gerak hati langkah, serta tidak memiliki ide-ide yang melenceng dari tujuan utama untuk mewujudkan kesejahteran bangsa, ” tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini