Sukses

Malu dengan Tubuh Sendiri Bikin Anda Rentan Sakit

Rasa malu yang tercipta malah menciptakan tubuh rentan sakit.

Liputan6.com, New York- Tak perlu malu dengan pinggul besar, pantat kecil, dada rata, tubuh kurus tak berbentuk. Apapun bentuk fisik tubuh yang Anda miliki bersyukurlah. Karena rasa malu yang tercipta malah menciptakan tubuh rentan sakit.

Hal ini bukan isapan jempol semata, namun dibuktikan dalam beberapa studi. Studi pertama, melibatkan 177 mahasiswi psikologi diminta pendapatnya akan bentuk tubuhnya. "Ketika aku tidak memiliki bentuk tubuh seperti yang aku inginkan, aku malu", "Tak masalah jika aku tak bisa kontrol asupan makan, aku baik-baik saja". Kira-kira dua pernyataan tersebut yang biasa dijawab para mahisswi.

Sesudah wawancara, peneliti melakukan analisis tentang kesehatan mereka. Ternyata rasa malu akan tubuh memang terkait dengan infeksi dan gejala penyakit tertentu.

"Diprediksi hal ini disebabkan karena rasa malu membuat respon tubuh berkurang sehingga meningkatkan infeksi ke tubuh," terang peneliti seperti dikutip laman Glamour, Minggu (9/8/2015).

Lalu, pada studi kedua yang melibatkan 181 mahasiswi perempuan di universitas negeri. Hasilnya pun sama, rasa malu membuat lebih banyak penyakit infeksi mengintai meski tanpa diikuti gejala penyakit tertentu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.