Sukses

Benjolan Kekuningan di Kelopak Mata, Tanda Kolesterol Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasa memiliki benjolan kekuningan di kelopak mata, atau melihat kerabat dekat mengalaminya? Benjolan tersebut ternyata adalah tanda kolesterol tinggi.

Seperti disampaikan konsultan ahli kulit dari Sydney, Australia, Dr Emma Starritt, benjolan kekuningan tersebut disebut juga xanthelasma. Kondisi ini terjadi karena ada arteri yang tersumbat di kulit dan menyebabkan tumpukan lemak yang terbentuk di sekitar mata, hidung dan mulut.

"Tanda ini bukan hanya dikaitkan dengan kolesterol tinggi, tetapi juga dengan penyimpangan metabolisme lemak dalam darah," katanya, seperti dikutip Dailymail, Kamis (6/8/2015).

Lantas apa yang bisa dilakukan? Emma menuturkan, benjolan ini dapat dapat diobati dengan membakar lapisan kulit dengan TCA Chemical Peels untuk menyingkirkan melasma.

Tapi walaupun bisa hilang, benjolan ini dapat muncul kembali apabila dia tidak dapat mengontrol kolesterol. Oleh sebab itu, mungkin lebih baik konsultasikan hal ini dengan dokter sebelum mengonsumsi obat seperti statin (obat penurun kolesterol).

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Gejala Nyeri Dada yang Bisa Mengancam Nyawa
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Penglihatan Ini Menandakan Kesehatan Tubuh