Sukses

5 Cara Mudah Usir Sariawan

Ulkus mulut atau kita kenal dengan sariawan bisa menyakitkan dan menyulitkan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Ulkus mulut atau kita kenal dengan sariawan bisa menyakitkan dan menyulitkan Anda. Penyebabnya, bisa genetik, stres, kekurangan gizi, alergi makanan dan bahkan infeksi usus.

Ketika akan mengobati sariawan, banyak masyarakat keliru dan menganggap penyakit ini akibat kekurangan vitamin C. Padahal jurnal kesehatan mencatat, kekurangan vitamin C tidak menyebabkan sariawan melainkan dapat membuat gusi berdarah atau Gingivitis kronis (peradangan gusi). Jadi vitamin C tidak berkaitan dengan sariawan.

Sebelumnya, ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, DR. drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp.PM mengatakan, saat sariawan, Anda lebih baik mengonsumsi vitamin B seperti B1, B6, B12 dan asam folat.

Tapi selain itu, ada beberapa tips mengatasi sariawan dengan cara alami, seperti dikutip Times of India, Kamis (6/8/2015) berikut ini:

- Berkumur dengan air garam

Bilas mulut Anda dengan air garam setidaknya tiga atau empat kali sehari. Ambil satu sendok garam dan mencampurnya dengan baik dalam air hangat. Berkumurlah beberapa detik lalu ludahkan. 

- Oleskan madu

Mengoleskan madu secara teratur pada sariawan juga akan membantu.

- Minyak jarak

Minyak ini dikenal untuk meringankan panas dari tubuh Anda. Jika sering mengalami sariawan, oleskan minyak jarak di daerah yang terkena. 

- Minum air kelapa

Air kelapa akan mendinginkan tubuh Anda dan membantu meringankan rasa sakit akibat sariawan.

- Hindari makanan pedas dan minum jus

Pilih jus segar. Jus cranberry dipercaya efektif membantu sariawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini