Sukses

5 Makanan Super untuk Ginjal Sehat

Untuk menjaga kesehatan ginjal, ada lima makanan yang menyehatkan organ ini

Liputan6.com, Jakarta Ginjal merupakan organ penting yang berperan dalam menyaring darah sehingga tubuh terhindar dari dari kotoran yang dihasilkan oleh tubuh. Namun bila ginjal tidak dijaga dengan baik, kotoran makanan yang masuk ke ginjal akan menumpuk dari darah dan merusak tubuh.

Nah, untuk menjaga kesehatan ginjal, ada lima makanan yang menyehatkan organ ini. Seperti dikutip Times of India, Kamis (6/8/2015), catat makanan super ini :

1. Paprika merah

Sayuran ini rendah kalium dan merupakan sumber vitamin C dan vitamin A, serta vitamin B6, asam folat dan serat. Paprika merah juga mengandung lycopene, antioksidan yang melindungi risiko kanker tertentu. 

2. Apel

Buah ini dikenal dapat mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, melindungi penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker. Buah ini juga tinggi serat dan memiliki senyawa anti-inflamasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kubis

3. Kubis

Tinggi vitamin K, vitamin C dan serat, kubis juga merupakan sumber vitamin B6 dan asam folat. Hal ini membuat sayuran ini dapat melindungi kanker, serta meningkatkan kesehatan jantung. 

4. Bawang putih

Bawang putih membantu mencegah pembentukan plak di gigi Anda, menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan. 

5. Bawang merah

Bawang kaya akan flavonoid, terutama quercetin, antioksidan kuat yang bekerja untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi dari kanker. Bawang juga rendah kalium dan sumber kromium, mineral yang membantu metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini