Sukses

Stop Masukkan 16 Makanan Ini ke Kulkas!

Liputan6.com, Jakarta Tak semua makanan dapat dimasukkan ke lemari pendingin. Alih-alih ingin makanan tetap awet, tapi malah mengubah rasa dan bau atau bahkan bisa mengurangi kualitas gizinya.

Tidak ingin makanan Anda kehilangan nutrisi, bukan? Mulai sekarang, ketahui makanan yang tidak baik disimpan di kulkas, seperti dikutip Times of India, Kamis (6/8/2015) berikut ini:

1. Roti

Menyimpan roti dalam lemari es hanya akan membuat makanan ini kering lebih cepat. Bila Anda ingin makanan ini tetap awet dalam waktu empat hari, simpan pada suhu kamar dan membekukan sisanya. 

2. Kentang

Lemari es akan mempengaruhi rasa kentang, oleh karena itu, cara terbaik menyimpannya adalah memasukan ke dalam kantong kertas.

Hindari menyimpan kentang dalam kantong plastik karena kelembaban, akan membuat kentang mudah busuk.

3. Buah

Tak semua buah segar dapat dimasukkan ke lemari es. Alpukat, apel, pisang, jeruk, berry, peach, aprikot, dan nektarin justru lebih baik disimpan di suhu kamar. Triknya, agar buah tidak rusak dan dingin, cukup menyimpannya selama 30 menit sebelum Anda makan.

1 dari 4 halaman

Bawang

4. Bawang

Cara terbaik menyimpan bawang adalah membungkusnya dalam kantong kertas dan menyimpannya di tempat yang sejuk, gelap, jauh dari kentang.

Kentang akan melepaskan uap air dan gas yang dapat menyebabkan bawang mudah busuk. Sedangkan menyimpannya di kulkas akan memudahkan bawang berjamur.

5. Tomat

Tomat akan kehilangan rasa dan lembek bila disimpan dalam lemari es. Bila ingin mematangkan tomat lebih cepat, bagaimanapun, menyimpannya di kantong kertas akan membantu. Setelah matang, menyimpan tomat di kulkas selama tiga hari mungkin membantu.

6. Saus tomat dan kecap

Serius, saus tomat dan kecap akan baik-baik saja tanpa pendingin, bahkan setelah kemasan dibuka.

7. Sereal

Tak perlu repot memasukkan sereal ke kulkas. Sarapan Anda akan lebih baik disimpan di suhu kamar. 

 

 

2 dari 4 halaman

Minyak, kopi, dan melon

8. Minyak

Jika minyak memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, seperti safflower atau bunga matahari, maka menyimpannya di tempat yang dingin tidak masalah. Tapi kebanyakan minyak di Indonesia menggunakan minyak kelapa sawit dan minyak jenuh yang akan beku jika dimasukkan ke lemari es.

9. Kopi

Anda semua mungkin tahu, menyimpan kopi terbaik adalah dalam wadah kedap udara. Pendingin hanya akan menyebabkan kopi lembap dan mengurangi rasa.

10. Melon

Menyimpan melon utuh, sebaiknya disimpan pada suhu kamar. Namun, setelah dipotong-potong, Anda harus menyimpannya di lemari es selama 3-4 hari.

11. Madu

Lemari pendingin akan menyebabkan madu lezat mengeras. Itu sebabnya Anda harus menyimpannya pada suhu kamar.

12. Berries

Buah berry segar memiliki umur simpan pendek sehingga lebih baik mengonsumsinya segar dalam satu atau dua hari setelah pembelian.

3 dari 4 halaman

Bawang putih

13. Bawang putih

Seperti bawang merah, lemari pendingin akan mengurangi rasa dan usianya. Kulkas akan menyebabkan jamur lebih cepat berkembang. Simpan bawang putih dalam kantong kertas di tempat yang sejuk dan tempat gelap.

14. Kacang dan buah-buahan kering

Tidak perlu untuk mendinginkan bahan makanan ini. Kacang dan buah-buahan kering akan baik-baik saja disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.

15. Tuna kaleng

Tuna kalengan akan lebih baik disimpan pada suhu kamar.

16. Cabai

Baik cabai merah, hijau, atau pun kuning tidak perlu pendingin. Menyimpannya dalam kantong kertas akan membuatnya lebih awet. 

Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Gunakan 3 Bahan Alami Ini untuk Usir Noda Membandel pada Kloset