Sukses

Jalanan Ramah Lingkungan Ini Berbahan Plastik

Di masa akan datang penduduk di Belanda akan menggerakan kedua kaki di atas jalanan berbahan plastik daur ulang.

Liputan6.com, Den Haag - Belanda bakal memiliki jalanan yang ramah lingkungan. Di masa akan datang penduduk di sana akan menggerakan kedua kaki di atas jalanan berbahan plastik daur ulang.

The Guardian melaporkan, ide cemerlang milik perusahaan kontruksi asal Belanda, VolkerWessel bekerja sama dengan pemerintah setempat akan mendaur ulang plastik dari laut dan mengubahnya menjadi semacam bata yang dapat dibongkar-pasang dengan cepat.

Dengan menggunakan plastik daur ulang mampu mengurangi polusi yang lebih besar. Polusi dari plastik hanya setara dengan dua persen seluruh emisi transportasi. Selain itu, manfaat lain dari jalanan berbahan plastik itu adalah tidak membutuhkan perawatan yang menguras kantong dan memiliki daya tahan tiga kali lipat lebih besar dari aspal.

"Kami menyambut positif rencana pembangunan jalanan berbahan plastik ini. Belanda, khususnya Rotterdam, adalah kota yang terbuka untuk segala eksperimen dan adaptasi serta inovasi. Kami memiliki `laboratorium jalan`, di mana dapat digunakan untuk menguji inovasi ini," kata Dewan Biro Rekayasa Kota Jaap Peters dikutip dari situs Interesting Ineering pada Rabu (5/8/2015).

Sejauh ini jalanan berbahan plastik masih berupa ide di atas kertas putih saja. Salah seorang perwakilan dari VolkerWessel Rolf Mars mengatakan, tahap berikutnya adalah untuk membangun dan mengujinya di laboratorium guna memastikan semuanya aman dan cocok digunakan di semua jenis tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.