Sukses

Kecemasan Mulai Mengganggu Hidup Anda? Ini Cara Mengatasinya

Kecemasan bisa sangat melemahkan, namun ada kemungkinan untuk belajar mengelola dan mengurangi itu.

Liputan6.com, Jakarta Perasaan cemas tentu mengganggu kehidupan Anda. Mau apa-apa jadi khawatir sehingga mencegah Anda melakukan sesuatu yang ingin Anda lakukan. Dan, perasaan tersebut bisa berdampak besar pada kehidupan Anda.

Kecemasan bisa sangat melemahkan, namun ada kemungkinan untuk belajar mengelola dan mengurangi itu.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu menghentikan kecemasan yang mengambil alih hidup Anda seperti dikitip Allwomenstalks, Kamis (6/8/2015).

1. Belajar Teknik Relaksasi

Belajar teknik relaksasi menjadi cara yang sangat baik untuk menangani kecemasan. Cara ini akan membantu Anda menenangkan diri ketika merasa kecemasan Anda mulai muncul.

Napas Anda akan menjadi pendek bila Anda cemas, jadi belajar pernapasan dengan benar dapat membantu. Teknik relaksasi juga akan membantu meningkatkan mood Anda dan membantu menghindari Anda masuk ke dalam kecemasan seperti sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencari Cara untuk Kurangi Kecemasan

2. Mencari Cara untuk Kurangi Kecemasan

Kadang-kadang Anda dapat mengelola kecemasan dengan memanipulasi situasi sehingga merasa lebih nyaman.

3. Apa hal terburuk yang bisa terjadi? Dan benar-benar akan terjadi? Mungkin tidak!

Kecemasan sering melibatkan pertanyaan di dalam benak apa yang mungkin terjadi. Jika Anda khawatir kemungkinan peristiwa yang akan terjadi, tanyakan pada diri sendiri bagaimana mungkin itu terjadi.

Jawaban logis bisa saja 'sangat tidak mungkin', namun kecemasan membawa kita kepada kekhawatiran tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Cobalah meyakinkan diri bahwa apa yang Anda takutkan sangat tidak mungkin terjadi.

3 dari 4 halaman

Pakai alat

4. Pakai alat

Anda juga dapat mencoba metode sederhana dan 'alat peraga' yang dapat Anda bawa bersama Anda. Alat itu nantinya dapat digunakan dengan mudah ketika Anda merasa cemas.

Contohnya saja seseorang memakai karet rambut di pergelangan tangan mereka. Karet itu akan membantu mengalihkan fokus dari kecemasan.

5. Gangguan

Mengganggu diri sendiri juga menjadi cara sangat berguna untuk mengatasi kecemasan. Hal ini dapat melibatkan melakukan sesuatu kegiatan fisik, seperti menari atau membuat kerajinan.

Jika Anda cemas ketika jauh dari rumah, cobalah menyanyikan lirik lagu atau membaca puisi favorit Anda. Ini akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari kekhawatiran dan kembali fokus pada sesuatu yang lain.

4 dari 4 halaman

Yoga, Thai Chi dan Meditasi

6. Yoga, Thai Chi dan Meditasi

Orang cemas sering menemukan pikiran mereka mengeluarkan pikiran-pikiran negatif. Mereka benar-benar bisa mendapatkan keuntungan jika mengambil kelas yoga atau tai chi, atau berlatih meditasi. Ini adalah bentuk latihan lembut yang akan membantu menenangkan pikiran Anda dan membuat Anda merasa jauh lebih santai.

7. Menerima kecemasan

Anda bisa mencoba menyembunyikan fakta Anda cemas, terutama jika Anda khawatir tentang sikap orang lain (mereka tidak selalu sangat pengertian) atau merasa malu. Tapi menyembunyikan kecemasan Anda dapat membuatnya lebih buruk, dan menjebak Anda dalam lingkaran setan.

Jangan malu, tetapi cobalah untuk menerima kecemasan Anda dan berbicara tentang hal itu. Menjadi lebih terbuka dan menerima akan mengurangi dampaknya pada Anda. (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.