Sukses

China Bangun Pabrik Nyamuk Raksasa untuk Atasi DBD

Untuk mengatasi demam berdarah dengue, sebuah pabrik nyamuk raksasa dipersiapkan di provinsi Guangzhou, China.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengatasi demam berdarah dengue, sebuah pabrik nyamuk raksasa dipersiapkan di provinsi Guangzhou, China. Pabrik ini akan melepas satu juta nyamuk yang disterilisasi per minggunya dengan tujuan mengurangi populasinya. 

Berlokasi di area Science City, Guangzhou, kepala tim Xi Zhiyoung bertanggungjawab melepas nyamuk-nyamuk tersebut ke Pulau Shazi setiap minggu untuk menganggulangi demam berdarah. Ini adalah percobaan pertama yang dilakukan dan terbukti bisa mengurangi populasi nyamuk sebesar 90 persen. 

Melepas nyamuk yang disterilisasi ke alam adalah salah satu penemuan untuk mengatasi merebaknya kasus demam berdarah dengan cara mengurangi populasi nyamuk dengan serangga yang tidak mengandung penyakit tersebut. 

Tahun lalu China mengalami persebaran demam berdarah sebanyak 47 ribu kasus. Orang yang pernah terkena demam berdarah akan imun dari virus tersebut. Namun, jika dia digigit nyamuk yang membawa virus, maka kemungkinan untuk terkena demam dengue menjadi tinggi, dilansir dari laman Medindia, Rabu (5/8/2015). 

Belum ada vaksin atau obat untuk mengatasi penyakit ini. Dan akhir-akhir ini demam berdarah dengue sudah mengakibatkan 22 ribu kematian di seluruh dunia dengan korban terbanyak anak-anak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.