Sukses

Mahasiswa Undip Temukan Teknologi Sterilisasi Susu Kambing

3 mahasiswa Undip temukan alat untuk mensterilisasi susu kambing etawa

Liputan6.com, Jakarta Susu merupakan sumber zat pembangun karena mengandung protein dan mineral serta merupakan bahan-bahan pembantu proses metabolisme seperti mineral dan vitamin. Salah satu jenis susu yang paling diminati masyarakat adalah susu kambing.

Susu kambing PE (Peranakan Etawa) bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan mineral, protein dan vitamin di dalam tubuh dan berkhasiat mengurangi risiko berbagai penyakit. Dengan permintaan susu kambing yang meningkat, banyak peternak kambing PE yang mengeluh ketahanan susu kambing PE sangat kurang lama dan steril karena terkontaminasi udara hingga menyebabkan perkembangan bakteri makin besar.

Kebanyakan peternak kambing PE mengatasi masalah ini dengan melakukan pasteurisasi dan pembekuan, padahal teknik tersebut dapat menimbulkan masalah baru lagi seperti timbul bau prengus, kurang steril, dan kandungan proteinnya akan berkurang. Sehingga diperlukan teknologi sterilisasi tanpa pemanasan untuk proses pengolahan susu kambing PE tersebut.

Dengan latar belakang ini 3 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Diponegoro menjawab semua masalah peternak susu kambing PE. Mereka membuat alat sterilisasi tanpa pemanasan dengan metode ozon. Mereka ini adalah Rima Dewi Anggraeni, mahasiswi FSM Kimia 2012, Savitri Rachmawati, mahasiswi FKM 2012, dan Hidayat Nur Arkhamtito,mahasiswa Teknik Mesin 2011.

Rima menjelaskan bahwa hasil susu kambing yang disterilisi dengan teknologi ini menunjukkan hasil bagus. Keberadaan bakteri patogen dalam susu kambing hilang akibat proses sterilisasi ini. Bahkan susu makin awet dan bau prengus menghilang tanpa mengurangi gizi. Ini karena ozon merupakan senyawa yang bersifat oksidator kuat sehingga berpotensi membunuh bakteri dalam susu kambing PE tanpa pemanasan.

Proses sterilisasi susu kambing dengan teknologi ozon cenderung melepaskan O2 ke udara dan O2- . O2- sangat tidak stabil sehingga menyerang 2 bakteri patogen dalam susu kambing PE sehingga bakteri mati.

Hasil samping dari teknologi ini adalah H2O dan O2. Hasil samping ini sangat aman untuk susu, tidak merusak gizi dan protein di dalamnya sehingga alat sterilisasi ini sangat cocok untuk para peternak kambing PE.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini