Sukses

9 Penyebab Kejang pada Anak

Inilah beberapa penyebab kejang yang harus diketahui oleh orangtua seperti diungkapkan dr Rudianto Sofwan

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kejang pada anak beragam. Jika anak kejang, pasti ada penyebab atau penyakit yang mendasarinya.

Inilah beberapa penyebab kejang yang harus diketahui oleh orangtua seperti diungkapkan dr Rudianto Sofwan dalam buku berjudul Cara Tepat Atasi Kejang pada Anak dikutip Health Liputan6.com pada Selasa (4/8/2015)

Demam
Epilepsi
Tumor otak
Gangguan metabolik
Trauma kepala akibat terjatuh, terpukul, dan lain-lain
Infeksi meningitis maupun ensefalitus
Keracunan
Kelainan bawaan pada pembuluh darah otak
Perdarahan di dalam kepala

Menurut Rudianto, penyebab yang paling sering dialami anak adalah demam.

Dia menjelaskan, kejang merupakan perwujudan gangguan sementara yang disebabkan oleh hantaran saraf yang berlebihan atau abnormal di dalam otak.

Hingga saat ini, kejang menjadi sebuah kata yang menakutkan bagi para orangtua dan menganggap itu sebagai momok. Mereka beranggapan, jika anak alami kejang maka telah terjadi sesuatu yang serius pada anak mereka.

"Tidaklah mengherankan bila kebanyakan orangtua segera membawa anaknya ke dokter untuk mendapatkan pertolongan segera," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.