Sukses

6 Kiat Atasi Jerawat Bandel

Agar jerawat tak lagi muncul coba lakukan beberapa hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta Ada jerawat di wajah kadang bisa membuat seseorang merasa tidak tampil maksimal. Agar jerawat tak lagi muncul coba lakukan beberapa hal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi jerawat ditulis Health-Liputan6.com pada Senin (3/8/2015).

1. Membersihkan wajah secara teratur
Meski terlihat sederhana, kebiasaan ini sudah selayaknya menjadai hal utama. Yakni pada saat melakukan perawatan wajah maupun sesudahnya. Jangan lupa, pastikan memilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Paling tidak, Anda disarankan untuk mencuci wajah minimal dua kali sehari pada pagi dan malam jelang tidur. Jika memiliki kulit berminyak, disarankan lebih sering mencuci muka. Sebaliknya jika kulit normal jangan terlalu sering mencuci muka karena menimbulkan jerawat. Gunakan air biasa dan hindari penggunaan air hangat yang bisa menyebkan kulit kering dan pori-pori makin besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cermat memilih tabir surya

2. Cermat memilih tabir surya
Penggunaan aneka krim baik pagi dan malam serta pelembap dapat menyumbat pori-pori di wajah. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya kurangi pemakaian pelembap agar jerawat tidak semakin bertumbuh.
Untuk menjaga wajah dari sinar ultraviolet, piluh tabir surya yang nonkomedogenik dan nonakneigenik. Bagi yang berjerawat pilih tabir surya yang bebas minyak.

3 dari 5 halaman

Pola hidup sehat

3. Pola hidup sehat
Selain menjaga kebersihan, faktor penting yang harus diperhatikan dalam mengatasi jerawat adalah menerapkan pola hidup sehat. Hal ini melingkupi, tidur cukup dan berkualitas, minum air putih sekitar dua liter per hari, makan makanan kaya serat dan vitamin, dan olahraga secara teratur.
Jika sering tidur larut malam, kurang air putih, kurang serat memicu timbulnya jerawat pada wajah apalagi jika didukung faktor genetik dan hormon yang tidak seimbang.
Khusus untuk makanan, bagi yang berjerawat pilih diet rendah protein serta mengurangi makanan berminyak dan pedas. Lalu, jangan minum softdrink, makan junk food, hindari makanan pengawet atau makanan kaleng.

4 dari 5 halaman

Hindari memencet jerawat

4. Hindari memencet jerawat
Kehadiran jerawat memang bisa bikin gemas, kadang tak sabar untuk memencetnya. Tapi jangan biasakan melakukan hal ini karena malah menyebabkan peradangan bertambah parah dan infeksi. Inilah yang menyebabkan jerawat jadi berbekas.
Lalu, ketika memencet jerawat yang besar hal ini akan membuat nanah keluar. Namun tidak menutup kemungkinan timbul jerawat yang semakin besar.

5 dari 5 halaman

Masker alami

5. Masker alami
Untuk membantu mempercepat bekas jerawat cepat hilang, bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk nipis, mentimun, tomat, dan avokad. Membasuh muka dengan rebusan air sirih yang sudah dingin juga ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat.

6. Facial jerawat.
Untuk mengatasi jerawat, facial yang dilakukan bisa menggunakan tea tree yang bersifat detoksifikasi dan mengeringkan jerawat. Lalu, jika ada flek hitam lakukan dengan peeling yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini