Sukses

8 Kiat agar Tubuh Bugar Sepanjang Hari

Agar Anda bisa bugar sepanjang hari, bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta Berganti-ganti pekerjaan, kehidupan sosial, membayar tagihan, dan berusaha untuk mengunjungi fitness center secara rutin bukanlah tugas yang mudah. Seperti halnya kaum perempuan, pria pun kesulitan untuk menemukan waktu terbaik untuk… makan!

Berikut adalah beberapa tip dari Health News Online agar pria bisa bugar sejak pagi hingga malam hari. Semoga bermanfaat.

1. Sarapan Pagi
Menyantap sarapan pagi setiap pagi menjaga metabolisme tubuh dan penurunan berat badan. Sarapan terbaik adalah makanan yang mengandung serat. Dr. Oz, dokter kepercayaan Oprah Winfrey, menganjurkan oatmeal ditambah buah kering dan kacang-kacangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap Bekerja Walau Badan Pegal

2. Tetap Bekerja Walau Badan Pegal
Kadang, berhenti bekerja ketika punggung atau leher atau kaki terasa pegal bukanlah jalan terbaik. Tetaplah bekerja walau sekujur tubuh terasa pegal.

Para ahli mengatakan, berhenti bekerja untuk menghilangkan rasa pegal justru bisa membuat otot melemah. Jika tidak ada otot yang sobek atau tulang yang patah, pegal bisa diobati dengan salep penghilang sakit dan tetap bekerja.

3. Ngemil!
Pria juga dihalalkan untuk ngemil, terutama yang berbentuk kacang-kacangan. Sebab kegiatan itu justru lebih sehat ketimbang makan sekantong keripik kentang atau menunggu hingga makan malam untuk memuaskan rasa lapar sepanjang hari.

3 dari 4 halaman

Bersahabatlah dengan Keringat

4. Bersahabatlah dengan Keringat
Berjalan kaki ke kantor memang ramah lingkungan dan hemat ongkos, tapi belum tentu efisien untuk jantung Anda. Keluarkan semua toksin melalui keringat, serta turunkan tekanan darah dan kurangi risiko terkena serangan jantung dengan mengubah rutinitas.
Semakin basah, semakin bagus, misalnya angkat beban. Latihan itu bisa mengurangi berat badan. Selain bentuk tubuh semakin oke, Anda bisa tidur lebih nyenyak.

5. Bersikap Terbuka
Ketika pria sedang stres, mereka cenderung untuk tutup mulut dan menyimpan sendiri masalahnya. Berbeda dengan kaum perempuan, yang cenderung untuk berbicara panjang lebar. Berbagi masalah dengan orang lain akan bisa menye¬lamatkan hidup dan juga membuat stres hilang. Percayalah.

4 dari 4 halaman

Menabung

6. Menabung
Salah satu penyebab stres biasanya berhubungan dengan masalah keuangan. Jika mampu, sisihkan beberapa rupiah dari penghasilan tiap bulan. Mungkin ditabung dalam rekening terpisah dari rekening yang biasa digunakan.
Dana ini bisa digunakan dalam kondisi terjepit, tapi tentukan batas tertinggi yang dapat Anda gunakan.

7. Perhatikan Kesehatan Gigi
Kita semua diajari untuk menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Nah, untuk menjaga agar gigi dan mulut Anda selalu dalam keadaan prima, pakailah benang gigi (floss) untuk membuang kotoran yang terselip di antara gigi, yang tidak mungkin tercapai oleh bulu-bulu sikat gigi. Lakukan sebelum tidur, sehingga bakteri tidak punya kesempatan untuk berkembang biak selama Anda tidur.

8. Tidurlah Seperti Bayi
Orangtua akan mengerti pentingnya menidurkan anak pada waktu tertentu setiap malam. Itu untuk menjaga pikiran dan badan selalu stabil dan menghindari rasa kesal. Anda bisa meniru pola tidur seperti itu. Tetapkan waktu untuk tidur dan lakukan setiap hari, setidaknya pada hari kerja. Jangan lupa, Anda harus tidur minimal tujuh jam.

Para ahli menyebut, tidur secara teratur bisa membuang kalori dan stres. Jika kurang tidur, Anda cenderung untuk grogi yang bisa menghasilkan keputusan buruk, seperti makan junk food atau minum kopi setiap pagi lebih cepat dari yang biasanya dibutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.