Sukses

Kenapa Stres Bikin Orang Mudah Lupa?

Coba kendurkan saraf dan buat diri lebih rileks agar ingatan jadi lebih baik.

Liputan6.com, New York- Banyak di antara kita yang merasa sulit merasa tenang dan santai apalagi saat bekerja. Jumlah pekerjaan seabrek hingga tekanan dari bos membuat beberapa orang jadi tegang dan cemas. Meski hal tersebut normal, tapi coba kendurkan saraf dan buat diri lebih rileks agar ingatan jadi lebih baik.

Itulah yang coba disarankan peneliti Mount Sinai School of Medicine di New York, Amerika Serikat usai mendapati studi yang baru-baru ini dilakukan. Menurut studi, orang yang lebih santai cenderung memiliki ingatan lebih baik dibanding mereka yang mengalami neurotisisme. Ini adalah orang yang memiliki sifat kepribadian cenderung mudah cemas, takut, murung, khawatir, iri hati, frustrasi, cemburu, dan kesepian.

Peneliti menemukan mereka yang memiliki tingkat neurotisisme yang tinggi memiliki hubungan saraf lambat dan ingatan yang lebih buruk dibanding orang yang tenang.

Hal ini diketahui dengan cara melakukan tes ingatan berdasarkan ciri-ciri kepribadian. Peneliti mengukur aktivitas otak 40 orang dewasa kemudian mengambil tes ingatan. Dilanjutkan tes kepribadian untuk mengetahui tipikal diri mereka dalam tes psikologi NEO-PI-R untuk mengukur lima tipe kepribadian utama, yakni neurotisisme, ekstraversi, keterbukaan akan pengalaman, sikap setuju, dan kecemasan.

"Kami menemukan orang yang lebih neurotik yang ingatannya tidak bagus, mungkin karena mereka lebihsering berpikir tentang kecemasan, sehingga kurang efektif," terang pemimpin penelitian, Sophie Frangou dikutip laman Good Housekeeping, Senin (3/8/2015).

Jadi agar bisa mengerjakan sesuatu secara optimal coba biarkan diri Anda tenang dan santai.

 

Baca juga:

Ingatan Pria Lebih Buruk Ketimbang Wanita?

Agar Ingatan Anda Makin Tajam Coba Lakukan Latihan Ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.