Sukses

Studi: Musik Bisa Tingkatkan Kinerja Ahli Bedah di Ruang Operasi

Musik favorit, entah The Beatles, Beethoven atau musik pop seperti Backstreet Boys ternyata dapat meningkatkan mood dokter di ruang operasi.

Liputan6.com, Texas Musik favorit, entah The Beatles, Beethoven atau musik pop seperti Backstreet Boys ternyata dapat meningkatkan mood dokter di ruang operasi. Sebuah penelitian membuktikan hal tersebut.

Jadi, para ilmuwan di University of Texas menemukan, para ahli bedah yang mendengarkan lagu favoritnya selama prosedur operasi memiliki teknik bedah yang jauh lebih baik dan cepat.

Dailymail, Sabtu (1/8/2015) melaporkan, peneliti melihat kinerja 15 ahli bedah plastik. Mereka kemudian diminta untuk menutup sayatan jahitan berlapis di kaki babi, yang mirip dengan kulit manusia. Tapi dokter ini tidak diberitahu tujuannya,

Mereka hanya diminta melakukan yang terbaik dan nanti hasilnya akan diberitahukan segera. Hari berikutnya, dokter tersebut mengulang prosedur menggunakan teknik yang sama tapi sambil mendengarkan musik.

Dr Shelby Lies yang terlibat dalam penelitian mengatakan, rata-rata waktu operasi selesai tujuh persen lebih cepat saat dokter mendengarkan musik. "Semakin cepat operasi, akan mengurangi biaya secara signifikan, terutama saat prosedur tummy tuck (pengurangan lemak)."

Penelitian yang diterbitkan Aesthetic Surgery Journal ini memang bukan untuk pertama kali. Sebab sebelumnya, mereka menunjukkan, mendengarkan musik selama operasi dapat menurunkan stres ahli bedah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.