Sukses

Menghilangkan Rasa Sakit dan Menguatkan Lutut

Latihan olahraga ini, dapat menguatkan otot-otot sekitar persendian lutut selain menghilangkan rasa sakit kronis

Liputan6.com, Jakarta Dalam usia setengah baya, kita sering merasa sedikit sakit pada lutut. Latihan olahraga ini dapat menguatkan otot-otot sekitar persendian lutut selain menghilangkan rasa sakit kronis. Latihan ini juga membuat persendian lutut terlindungi dari cedera.

Namun, latihan harus dilakukan dengan teknik yang benar. Kurangi pembebanan dan penekanan pada lutut. Menurut Spesialis Kedokteran Olahraga, Dr. Sadoso Sumosardjuno, Sp.KO, pertama kali yang harus Anda perhatikan adalah jangan membengkokkan kaki, sehingga lutut menonjol ke depan melebih jari kaki. Sebab, posisi tersebut akan memberikan penekanan yang besar di bagian bawah tempurung lutut.

Larangan tersebut bukan hanya berlaku untuk gerakan-gerakan di bawah ini, tetapi juga untuk latihan olahraga yang lain. Termasuk ketika Anda melakukan peregangan. Lakukan latihan-latihan ini dengan 10-12 ulangan dan berlatihlah tiga kali dalam seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Melakukan Latihan

Cara Melakukan Latihan

1. Setengah Squat

Berdirilah sekitar 30 cm dari bagian depan kursi. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, dan jarijari menghadap ke depan. Badan dibungkukkan sebatas pinggul, lalu secara perlahanlahan turunkan badan ke kursi. Usahakan agar selalu mengencangkan otot perut. Selain itu, perhatikan posisi kedua lutut agar berada lebih ke belakang dari jarijari.

2. Naik Tangga

Gunakan bangku pendek (dingklik), anak tangga di rumah atau trotoar bila Anda sedang berolahraga jalan pagi. Naiklah dengan kaki kanan, kemudian disusul kaki kiri. Pada waktu naik, perhatikan agar lutut sebaiknya berada di atas pergelangan kaki. Kemudian ulangi dengan kaki kiri yang lebih dulu naik.

3. Mengangkat Betis

Berdirilah dengan kedua kaki terbuka selebar pinggul. Jarijari menghadap ke depan dan gunakan kursi atau dinding untuk perimbangan. Secara perlahanlahan, angkatlah kedua tumit dari lantai. Lalu, naikkan badan dan berdirilah di atas jarijari. Tahanlah, kemudian secara perlahanlahan Anda menurunkan badan.

4. Menaikkan Kaki Lurus

Duduk dan bersandarlah ke dinding. Luruskan kaki kiri dan bengkokkan yang kanan, dengan telapak terletak datar di lantai. Secara perlahanlahan, naikkan kaki kiri sekitar 30 cm dari lantai. Tahan, kemudian secara perlahanlahan turunkan. Ulangi gerakan ini dengan kaki kanan.

5. Menaikkan Tungkai Bawah

Posisi awal seperti gerakan nomer 4. Tempatkan bola basket atau sama besarnya dengan itu, di bawah lutut kiri hingga kaki bengkok. Secara perlahanlahan luruskan kaki Anda. Tahan, lalu secara perlahanlahan turunkan. Ulangi gerakan tersebut dengan kaki kanan.

3 dari 3 halaman

Latihan-latihan yang Tidak Baik untuk Lutut

Latihan-latihan yang Tidak Baik untuk Lutut

Latihan-latihan ini, sebaiknya Anda hindari:

1. Latihan squat (jongkok) yang dalam.

2. Hurdler's Stretches, yaitu duduk di lantai dengan salah satu kaki diluruskan ke depan, kaki yang lain dibengkokkan ke belakang, lalu badan dibungkukkan ke depan untuk meraih jarijari kaki.

3. Gerakan melangkah lebar ke depan

4. Meluruskan lutut secara berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini