Sukses

Makanan Ini Ampuh Kurangi Rasa Cemas

Mereka yang banyak mengonsumsi makanan fermentasi seperti kecil kemungkinan mengalami perasaan cemas.

Liputan6.com, New York- Momen tertentu seperti menjelang presentasi, tampil di hadapan publik, wawancara kerja hingga bertemu keluarga pacar kerap memunculkan kecemasan. Jika merasakan hal seperti itu coba konsumsi yoghurt.

Sebuah studi menemukan fakta orang yang sering mengonsumsi makanan fermentasi seperti yoghurt, kefir, miso, dan kimci memiliki gejala kecemasan lebih sedikit. Hal ini didapatkan setelah melakukan survei terhadap 700 orang. 

Mereka yang banyak mengonsumsi makanan fermentasi, kecil kemungkinan mengalami perasaan cemas yang mengganggu interaksi sosial di tempat kerja dan sekolah. Bahkan manfaat positif ini pun juga sangat baik bagi orang yang memiliki tingkat neurotisisme. Ini adalah orang yang memiliki sifat kepribadian cenderung mudah cemas, takut, murung, khawatir, iri hati, frustrasi, cemburu, dan kesepian.

Penulis studi tak tahu pasti apa penyebab hal ini terjadi, seperti dikutip Prevention, Jumat (31/7/2015) diperkirakan karena makanan fermentasi menandung probiotik yang baik untuk saluran pencernaan.

"Kecemasan sosial memiliki gejala gastroinestinal dan terbukti hal ini mengurangi peradangan usus. Ketika ususu berhenti merada gejala-gejala terkait kecemasan jadi berkurang," terang penulis utama studi yang juga asisten profesor psikologi dari College of William & Mary, Amerika Serikat, Matthew Hilimire.

Penyebab lainnya, makanan prebiotik dikenal mampu memengaruhi zat-zat kimia di otak secara signifikan. Makanan jenis ini mampu memicu neurotransmitter bernama GABA untuk menenangkan sistem saraf. Saraf yang dituju sama seperti yang dilakukan obat-obat anticemas.

 

Baca juga:

Ini Alasan Kenapa Greek Yoghurt Lebih Sehat

Manfaat Manis Hobi Makan Yogurt

15 Obat Alami Pereda Stres dan Cemas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.