Sukses

Cara Mengatasi Lecet Kaki Akibat Sepatu Baru

Melakukan perawatan kulit kaki dan memilih sepatu yang tepat penting untuk mengatasi lecet pada kaki.

Liputan6.com, Jakarta Harapan untuk tampil keren ketika mengenakan sepatu baru yang sudah lama Anda incar pupus seketika saat kaki menjadi lecet setelah beberapa saat memakainya. Lecet kaki memang cenderung tak terhindarkan ketika kita pertama kali memakai sepatu baru.

Melakukan perawatan kulit kaki dan memilih sepatu yang tepat penting untuk mengatasi lecet pada kaki, ungkap Dr Ken Jung, dokter bedah kaki dan ankle (pergelangan kaki) di Los Angeles.

Selain itu, memakai sepatu baru dan berkeliling rumah selama beberapa saat sebelum memakainya untuk beraktivitas di luar sangatlah dianjurkan oleh Claire Hannum, pakar kesehatan yang juga pengasuh situs YourBeauty.com. Ini membantu sepatu beradaptasi dengan bentuk kaki dan juga mencari tahu bagian mana dari kaki yang merasa tak nyaman atau sakit ketika mengenakan sepatu tersebut.

"Jika Anda sudah merasakan sedikit sakit di bagian tumit atau jempol kaki saat mengenakan sepatu di rumah, gunakan plester di area tersebut untuk mencegah lecet," ucap Hannum.

Berikut tiga hal yang harus diwaspadai untuk mencegah lecet yang disarankan Dr Nick Romansky, ahli penyakit kaki untuk US Men's dan Women's National Soccer Teams, dikutip dari laman Today, Jumat (31/7/2015).

Lembap

Hindari kondisi lembap. Kondisi lembap bisa disebabkan oleh tiga faktor: tidak memakai kaos kaki yang tepat, selalu mengenakan sepatu yang sama, atau secara alami cenderung mengeluarkan banyak keringat, ujar Romansky.

Gerakan

Ketika kaki tidak bergerak secara tepat, lecet bisa terjadi. Tidak mengikat tali sepatu atau kurang pas mengikat tali sepatu bisa menyebabkan lecet. Demikian juga jika Anda mengenakan ukuran sepatu yang tidak pas, kata Romanski. Umumnya, tali sepatu sebagian berbahan sintetis, yang seringkali mengendur dengan sendirinya. Jadi, ingatlah untuk selalu menalikan sepatu denagn baik. Saat sepatu dan kaki tidak bergerak secara selaras, ini akan menyebabkan lecet.

Mengatasi lecet

Jika Anda telah mengikuti semua saran dan trik tersebut namun masih juga mengalami lecet atau luka lepuh, ada satu hal lagi yang bisa dilakukan: membiarkan lecet. Lecet sebaiknay dibiarkan sembuh dan pulih dengan sendirinya, ungkap Jung.
"Menjaga agar lecet tidak menjadi lebih parah karena tekanan dari luar. Jika muncul luka lepuh, jaga agar kondisinya tetap bersih dan biarkan mengering," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.