Sukses

Dinkes Riau Gencarkan Gerakan Gemar Makan Ikan

Dinas Kesehatan Provinsi Riau, terus menggencarkan gerakan pada 2.700 anak untuk gemar memakan ikan

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan Provinsi Riau, terus menggencarkan gerakan pada 2.700 anak untuk gemar memakan ikan, dalam rangkaian meningkatkan angka konsumsi ikan nasional.

"Angka konsumsi ikan nasional ditetapkan oleh Kementrian Perikanan dan Kelautan sedangkan ikan banyak mengandung nilai manfaat cukup besar khususnya nilai gizi omega 3 yang baik bagi otak anak," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril, di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh. tubuh membutuhkan sekitar 300 mg Omega 3 per harinya. Omega 3 sebagian besar dapat ditemukan pada ikan-ikanan seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan air tawar, makerel, hering, ikan tenggiri, dan ikan sarden (ikan Lemuru).

Dalam Omega 3 sendiri terdapat komponen-komponen zat penting yang penting bagi tubuh seperti DHA (Docosahexaenoic acid), EPA (Eicosapentaenoic acid), dan LNA (Linolenic acid). DHA dan EPA banyak ditemukan pada ikan-ikanan sedangkan LNA pada tumbuh-tumbuhan termasuk sayuran yang berwarna hijau.

"Masing-masing komponen memiliki fungsi yang berbeda dalam tubuh. DHA berfungsi sebagai jaringan pembungkus saraf yang berperan dalam melancarkan perintah saraf dan mengantarkan rangsangan saraf ke otak,"katanya.

EPA berfungsi dalam membantu pembentukan sel-sel darah dan jantung, menyehatkan sistem peredaran darah dengan melancarkan sirkulasi darah dan LNA berperan dalam menghasilkan energi dari makanan yang dikonsumsi dan kemudian membawanya ke sel-sel tubuh yang membutuhkannya.

Secara umum, Omega 3 bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak, organ penglihatan dan tulang, serta menjaga sel-sel pembuluh darah dan jantung tetap sehat.

Omega 3 sangat penting bagi perkembangan sel-sel otak karena 40 persen asam lemak di otak terdiri atas asam lemak Omega 3.

Oleh karena itu, Dinas Perikanan mengundang lintas sektor terkait dalam rangka koordinasi Gerakan Anak Gemar Makan Ikan yang rencananya akan di selenggarakan di lapangan Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Jalan Patimura Pekanbaru pada 30 Agustus 2015.

Selain itu, pencanangan lomba masak ikan dan gemar makan ikan adalah salah satu acara rutinitas di dinas Perikanan dan Kelautan. Pada 30 Agustus 2015 juga meramaikan Gerakan Nasional melalui deklarasikan bertema CEHABAHARI dan Cinta makanan Ikan, akan disiarkan di RRI dan pada jam yang sama akan tampil adalah Bunda Paud, yakni Sesilita Arsjadjuliandi Rachman.

"Acara ini digelar salah satu program dari Kementrian perikanandan kelautan untuk meningakatkan angka konsumsi ikan dengan kegiatan antara lain lomba masak ikan dan kampanye makan ikan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.