Sukses

Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin Ya?

Berikut manfaat dari mandi dengan air panas maupun air dingin.

Liputan6.com, Jakarta Memutuskan hendak mandi dengan air panas atau dengan air dingin mungkin terkesan sepele, namun hal itu terkadang cukup membingungkan.

Menurut pemahaman Ayurveda, air panas baiknya digunakan untuk membersihkan tubuh, namun kurang baik digunakan untuk membasuh rambut dan kepala karena berbahaya bagi mata. Tapi, ini juga tergantung pada suhu tubuh individu yang akan menggunakannya. Individu dengan suhu tubuh yang cenderung tinggi sebaiknya mandi dengan air yang suhunya lebih rendah dari suhu tubuhnya dan sebaliknya.

Air panas maupun air dingin bisa bersifat terapeutik jika digunakan dengan cara yang berbeda bagi pasien dengan bermacam penyakit. Misalnya, pasien penyakit lever atau bermasalah dengan pencernaan sebaiknya mandi dengan air dingin. Sementara pasien yang menderita gangguan pernapasan, flu, batuk, nyeri sendi, dan artritis sebaiknya menggunakan air panas untuk mandi.

Nah, agar Anda semakin yakin memilih air dalam kondisi apa yang terbaik untuk mandi, berikut kami ungkap manfaat dari mandi dengan air panas maupun air dingin, seperti dilansir laman Thehealthsite, Jumat (31/7/2015). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat mandi dengan air panas

Manfaat mandi dengan air panas

1. Mandi dengan air panas sangat baik untuk membersihkan tubuh Anda karena suhu yang semakin hangat cenderung mematikan kuman yang terpapar pada tubuh ketika beraktivitas seharian. Air panas juga membantu menjaga kebersihan pribadi.

2. Air panas sangat bermanfaat meredakan flu dan batuk karena uap air hangat bisa melegakan hidung dan tenggorokan.

3. Air panas bisa mengatasi insomnia dan gangguan tidur serta baik untuk merangsang datangnya kantuk.

4. Mandi dengan air panas juga bisa meredakan stres, kelelahan, dan melemaskan otot yang tegang.

5. Beberapa studi menunjukkan, mandi dengan air panas menurunkan kadar gula darah dan menjadikannya bermanfaat bagi penderita diabetes. Sebuah studi juga mengungkap, kadar gula diabetesi yang berendam dalam air panas selama 20 - 30 menit selama tiga minggu berturut-turut mengalami penurunan sebanyak 13 persen. 

 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat mandi dengan air dingin

Manfaat mandi dengan air dingin

1. Mandi dengan air dingin memberi Anda kesegaran di pagi hari. Air dingin bisa menstimulasi saraf dan membantu menghilangkan kantuk.

2. Air dingin bisa mengatasi depresi karena membantu melepaskan zat kimia seperti nir-adrenaline dan beta-endorphin yang membuat Anda lebih segar.

3. Membantu meningkatkan kesehatan pada pria. Studi menunjukkan, air dingin menstimulasi pelepasan hormon testosteron yang bisa meningkatkan libido pria.

4. Air dingin juga bisa menstimulasi limpatik dan sistem imun. Hal ini berdampak pada meningkatnya produksi sel yang bisa memerangi infeksi sehingga sistem imun jadi lebih baik.

5. Fungsi paru-paru akan menjadi lebih optimal dengan mandi air dingin. Sensasi menahan napas sejenak ketika Anda mengguyur air dingin ke kepala bisa melatih sistem pernapasan jadi lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.