Sukses

Cermin Ajaib yang Bisa Mendeteksi Penyakit

Teknologi cermin ini akan membantu Anda untuk memantau kesehatan dari hari ke hari dan mendapati gejala penyakit kardio-metabolik.

Liputan6.com, Jakarta Tenaga medis berpengalaman biasanya mampu melihat gejala suatu penyakit hanya dengan melihat kondisi pasien. Mereka umumnya mengenali warna kulit, detak jantung, dan temperatur tubuh untuk menganalisis penyakit apa yang diderita pasien. Tapi, bagaimana jika Anda pun bisa mengetahui kondisi kesehatan hanya melalui sebuah cermin?

Sebuah konsorsium dari peneliti EU tengah mengerjakan sebuah proyek yang meniru kemampuan ini dengan menggunakan kamera, sensor, teknologi lainnya serta memanfaatkan hasilnya untuk menyediakan panduan kesehatan bagi penggunanya.

Tim peneliti tengah mengembangkan sebuah alat prototip yang disebut Wize Mirror yang tampak menyerupai cermin yang dapat menampilkan gambar di dalamnya.

Alat ini didesain untuk nantinya menggantikan cermin yang biasa terpasang di kamar mandi Anda. Teknologi cermin ini akan membantu Anda untuk memantau kesehatan dari hari ke hari dan mendapati gejala penyakit kardio-metabolik.

Sebuah kamera scanning 3D dalam cermin akan mencermati perubahan struktur kulit dan mendeteksi detak jantung serta kadar hemoglobin Anda. Terdapat perangkat lunak di cermin yang bisa menangkap perubahan ekspresi wajah apakah Anda dalam kondisi tenang atau stres. Terakhir, cermin ini dilengkapi dengan alat penganalisis gas yang bisa mengetahui apakah Anda habis minum alkohol, Anda perlu merokok atau bahkan berpikir untuk berhenti merokok.

Para peneliti menerbitkan artikel tentang Wize Mirror ini dalam Jurnal Biosystems Engineering dan berencana untuk melakukan uji coba di Eropa untuk mengidentifikasi manfaat dari alat tersebut, dilansir dari Medindia, Kamis (30/7/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.