Sukses

Berciuman Bisa Tularkan Virus HPV

Berciuman ternyata bisa menularkan virus Human Papilloma Virus (HPV).

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya melakukan hubungan seks yang berisiko tertular penyakit menular seksual, para ahli kesehatan memperingatkan kalau berciuman ternyata juga bisa menularkan virus Human Papillomavirus (HPV).

Seperti diberitakan Dailymail, Rabu (29/7/2015), semakin banyak orang yang Anda cium, dalam hal ini French kiss maka risiko Anda tertular HPV lebih tinggi.

Kepala Maksilofasial dan Bedah leher di Rumah Sakit Royal Darwin, Dr Mahiban Thomas, mengatakan, HPV merupakan pemicu 70 persen kanker kepala dan leher. "Jika Anda terinfeksi HPV di orofaring (bagian dari faring yang terletak posterior dari mulut), risiko terkena kanker kepala dan leher 250 kali lebih tinggi."

Untuk diketahui, HPV yang terdiri dari lebih 100 tipe, disebut Papilloma karena virus ini sering menimbulkan warts atau benigna (warts : tumor epidermal yang disebabkan virus Papilloma atau proliferasi jinak mirip kutil).

Virus ini tidak mengenal jenis kelamin. Infeksi HPV bahkan bisa terjadi pada semua kelompok usia. Namun, infeksi HPV tertinggi pada remaja dan dewasa awal yakni usia 15 sampai 19 tahun. Risiko infeksi terus berlanjut pada usia dewasa dan tua.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) menguatkan pernyataan tersebut. Dalam studinya, mereka mencatat, penularan HPV oral dapat ditularkan selama seks oral atau French kiss. Dalam studi terbaru, Thomas bahkan mengatakan petting selama hubungan seksual dapat menularkan HPV.

Pada 2011, ada sekitar 3121 kasus kanker kepala dan leher didiagnosis di Australia. Rata-rata kanker ini disebabkan oleh merokok, minum alkohol, paparan sinar matahari, radiasi, asbes dan HPV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini