Sukses

Mau BAB Lancar? Coba Teknik Ini

Membuang kotoran di toilet duduk akan lebih mudah bila Anda agak sedikit miring ke depan.

Liputan6.com, Jakarta Buang air besar dengan jongkok memang lebih sehat apalagi bila posisi jongkoknya agak sedikit miring ke depan.

Seorang peneliti di Israel bernama Dov Sikirov sebelumnya berupaya mencari perihal persoalan ini. Dia meminta peserta penelitian untuk buang air besar dengan jongkok dan di toilet duduk.

Dia pun membandingkan berapa lama seseorang bisa buang air besar tanpa perlu usaha yang berarti. Dalam publikasinya dalam Digestive Diseases and Sciences dijelaskan bagaimana postur jongkok akan mempermudah buang air besar.

Meskipun agak aneh saat jongkok dipraktikkan di Amerika Serikat, namun seperti dilaporkan Huffingtonpost, Selasa (28/7/2015) peserta mengaku lebih mudah membuang kotoran. Dan ketika duduk di toilet, dengan posisi miring ke depan juga membantu.

Dalam posisi jongkok, peserta mengaku bisa melepaskan sepenuhnya. "Pada dasarnya, manusia dirancang untuk bisa menahan dan mengeluarkan BAB sehingga dalam posisi tegak, saluran pencernaan kita antara rektum dan anus akan berhenti membuang kotoran,"tulis peneliti. Itu sebabnya orang butuh tenaga ekstra saat BAB dalam keadaan duduk.

Di Jepang, para peneliti juga memelajarinya lebih lanjut. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Lower Urinary Tract Symptoms ini menunjukkan, sudut anorektal meningkat secara signifikan dari 100 derajat ke 126 derajat (dari duduk ke jongkok). Hasinya juga tetap sama, jongkok akan mempermudah kotoran keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini