Sukses

Waspadai Modus Baru Penculikan Anak

Para orangtua diimbau untuk selalu waspada dengan modus baru penculikan anak

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Yohana Yembise mengimbau kepada seluruh orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap modus baru penculikan anak.

"Kini modus penculikan anak semakin beragam," kata Menteri PP-PA Yohana Yembise di Jakarta, Senin.

Dia mencontohkan penculikan bocah Chintya Hermawan (6), yang dilaporkan hilang diculik saat bermain di wahana permainan anak di Pusat Grosir Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (18/7) meskipun saat ini Chintya dapat ditemukan kembali dengan keadaan selamat.

"Para orang tua harus meningkatkan pengawasannya dan mendampingi anak, khususnya saat bermain di luar rumah," katanya.

Yohana juga mengatakan perlu kesadaran masyarakat dan komitmen semua pihak untuk membangun dan menyediakan arena bermain dan fasilitas rekreasi yang layak dan aman bagi keselamatan anak.

"Hal tersebut menjadi salah satu indikator kabupaten/kota layak anak (KLA)," katanya.

Yohana juga meminta kepada pihak kepolisian untuk memberikan perhatian khusus terhadap kasus penculikan yang menimpa anak.

"Saya sangat berharap kepolisian dapat menindak tegas tersangka sesuai dengan undang-undang yang berlaku agar ada efek jera," katanya.

Selain itu, Menteri Yohana juga mengingatkan para orangtua yang terpaksa meninggalkan anak-anaknya untuk bekerja, agar menitipkan anaknya di Tempat Penitipan Anak (TPA) yang telah tercatat/terdaftar.

"Hal ini untuk mengurangi risiko terjadinya berbagai tindak kejahatan yang dapat terjadi pada anak," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini